Kekurangan persediaan APD mendorong Sekolah Relawan ikut berpartisipasi mendukung paramedis yang menangani wabah Virus Corona COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Sekolah Relawan kembali memberikan dukungan kepada paramedis yang berada di garda depan dalam penanggulangan bencana wabah Virus Corona COVID-19 dengan membagikan alat pelindung diri (APD) serta paket makanan ke sejumlah rumah sakit di Jakarta.

"Kekurangan persediaan APD mendorong Sekolah Relawan ikut berpartisipasi mendukung paramedis yang menangani wabah Virus Corona COVID-19," kata CEO Sekolah Relawan Dony Aryanto saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta Sabtu malam.

Dony mengatakan kekurangan APD membuat petugas medis sebagai garda depan dalam menangani wabah COVID-19 menjadi kesulitan untuk bekerja dengan aman.

Belum lagi dengan jumlah orang yang terjangkit COVID-19 terus bertambah setiap harinya dan memerlukan perawatan secara medis.

"Mereka (paramedis) harus meluangkan waktu lebih banyak dan bekerja lebih keras," kata Dony.

Menurut Dony, banyak petugas medis yang mengirimkan permintaan kepada Sekolah Relawan untuk diberikan bantuan APD.

Beberapa pesan permintaan itu menyampaikan menipisnya ketersediaan alat-alat ini membuat para medis kesulitan mendapatkannya, selain itu upaya pemerintah dalam memenuhi hak-hak medis juga dinilai masih belum optimal.

Dony mengatakan Sekolah Relawan turut berjuang bersama para 'frontliner' medis dengan membagikan APD kepada petugas medis di beberapa rumah sakit di Jakarta.

"Kami juga membagikan paket makanan dan buah-buahan sebagai bentuk dukungan dan kepedulian kami terhadap paramedis," katanya.

Sekolah Relawan juga mengajak kepedulian masyarakat Indonesia untuk bekerja sama dalam menghadapi ancaman wabah Virus Corona COVID-19 dengan mengikuti segala imbuan dan kebijakan dari pemerintah secara serius.

"Social distancing betul-betul harus dijalankan, jaga jarak, mengurangi perjumpaan dan hindari kontak fisik," kata Dony.

Sebelumnya, Sekolah Relawan memberikan paket makanan dan buah-buahnya serta secangkir kopi kepada petugas medis di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 seperti RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persabahatan, dan RS Fatmawati.

Baca juga: Sekolah Relawan bantu makanan untuk paramedis

Baca juga: Nadiem ajak mahasiswa kedokteran tingkat akhir jadi relawan COVID-19

Baca juga: Erick Thohir buka rekrutmen relawan tenaga medis atasi corona

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020