Kegiatan itu ilaksanakan di sepanjang aliran Sungai Deli Kota Medan agar warga yang tinggal di pingggiran sungai tersebut dapat mengetahui dan melaksanakan imbauan pencegahan merebaknya virus COVID-19.
Medan (ANTARA) - Personel Kodim 0201/BS Medan bekerja sama dengan Polrestabes Medan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyosialisasikan  pencegahan merebaknya virus COVID-19 kepada warga yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Deli Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Komandan Kodim 0201/BS Kolonel (Inf) Roy Hansen J Sinaga melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Mayor (Inf) Romy Sembiring di Medan, Minggu  mengatakan kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (21/3) itu dalam rangka ikut menyosialisasikan pencegahan merebaknya virus COVID -19 kepada masyarakat setempat.

Saat ini, menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan di sepanjang aliran Sungai Deli Kota Medan agar warga yang tinggal di pingggiran sungai tersebut dapat mengetahui dan melaksanakan imbauan pencegahan merebaknya virus COVID-19.

Pihaknya berharap agar masyarakat membiasakan hidup bersih, rajin mencuci tangan, menggunakan masker apabila batuk/flu, tidak ke luar rumah dalam massa observasi 14 hari yang diberlakukan pemerintah.

"Selain itu tidak mengunjungi tempat-tempat keramaian dan belajar di rumah bagi adik-adik yang diliburkan sekolahnya," katanya.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan dengan menelusuri Sungai Deli itu, kata Romy Sembiring, dimulai dari titik awal Avros Kecamatan Medan Maimun sampai ke aliran Sungai Perdana, Medan Kesawan dengan menggunakan perahu boot landing craft rubber (LCR) atau perahu karet.

Acara tersebut juga diikuti Danramil 05/MB Kapten (Art) Edi Hutabarat, Panit Binmas Polsekta Medan Kota Ipda Kasmir, BPBD Kota Medan diwakili Taufik, personel Babinsa, kamtibmas, dan personel BPBD Kota Medan.

Sementara itu, hingga Jumat (20/3) RSUP Haji Adam Malik, Medan telah merawat 18 orang pasien dalam pengawasan (PDP) di mana dua di antaranya dinyatakan positif COVID-19, serta tiga lainnya yang sudah dipulangkan karena negatif terinfeksi COVID-19.

Satu di antara yang positif COVID-19 meninggal dunia pada Selasa (17/3) malam.

Baca juga: Pomdam I/BB lakukan penyemprotan disinfektan, cegah corona

Baca juga: Ruang isolasi penuh, RSUP Adam Malik isolasi PDP corona di ruang IGD

Baca juga: Satu PDP meninggal di RSUP Adam Malik dinyatakan positif corona

Baca juga: Dinkes Sumut lakukan penyelidikan epidemiologi pasien positif COVID-19

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020