imbauan yang diterima dari pihak hotel tersebut telah disebarkan kepada seluruh pemandu wisata Raja Ampat dan Papua Barat pada umumnya
Sorong (ANTARA) - Warga negara asing asal Jerman saat ini berada di Raja Ampat atau Papua Barat diimbau agar segera kembali ke negara asalnya, sebelum mengalami kesulitan akses karena penerbangan ditutup.

Informasi imbauan tersebut tersebar luas di kalangan pemuda wisata Raja Ampat dan Papua Barat pada umumnya, agar memberitahu kepada warga Jerman yang masih berada di kawasan-kawasan wisata yang ada Papua Barat.
Baca juga: Belasan wisatawan Jerman berwisata ke Danau Kelimutu

Indra, salah satu pemandu wisata (Guide) HPI Raja Ampat, di Sorong, Minggu, mengatakan bahwa informasi imbauan tersebut diperoleh dari Hotel Swissbell, lokasi keluarga beberapa wisatawan Jerman masih berada di Raja Ampat, mengirimkan pesan email melalui pihak Hotel Swissbell Sorong dua hari yang lalu agar meneruskan kepada wisatawan Jerman tersebut.

Menurut Indra, imbauan yang diterima dari pihak hotel tersebut telah disebarkan kepada seluruh pemandu wisata Raja Ampat dan Papua Barat pada umumnya, agar meneruskan kepada wisatawan asal Jerman jika bertemu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Sorong Jerry Risnandar Saktinegara secara terpisah mengatakan bahwa pihaknya belum menerima imbauan tersebut, namun jika imbauan tersebut disampaikan oleh keluarga wisatawan berarti itu merupakan kebijakan Pemerintah Jerman untuk melindungi warganya.
Baca juga: Ternyata wisman Jerman dominasi kunjungan ke Sulut

Menurut dia, penerbangan dari Indonesia ke beberapa negara terdampai Virus Corona telah ditutup sebagai langkah atau upaya pemerintah mencegah penyebaran COVID-19.

"Pemerintah Indonesia juga telah mengeluarkan imbauan kepada WNI yang berada di luar negeri agar kembali pulang sebelum kesulitan akses penerbangan kembali ke Tanah Air," ujar dia pula.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020