Koramil 1202/Bengkayang patroli ingatkan warga jaga kesehatan

Koramil 1202/Bengkayang patroli ingatkan warga jaga kesehatan

Patroli Bintara Pembina Desa Koramil 1202-02/Bengkayang untuk pencegahan Covid-19, di Bengkayang, Kalimantan Barat, Minggu. ANTARA/Wati

Pontianak (ANTARA) - Bintara Pembina Desa Koramil 1202-01/Bengkayang, Kalimantan Barat, berpatroli keliling wilayah tanggung jawabnya menggunakan mobil patroli dan pengeras suara untuk mengingatkan warga di daerah itu agar menjaga kesehatan dalam pencegahan merebaknya Virus Corona (Covid-19).

"Dalam himbauan tersebut dengan suara lantang Babinsa Koramil 1202-01/Bengkayang mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga kesehatan dan mengurangi aktifitas di luar terutama di keramaian," ujar Komandan Kodim 1202/Skw, Letnan Kolonel Arm Victor Lopulalan, saat dihubungi di Bengkayang, Minggu.

Baca juga: Kapuskesad tegaskan penting lakukan pengendalian orang tanpa gejala

Dalam patroli itu, kata dia, masyarakat dihimbau agar selalu cuci tangan memakai sabun di air mengalir, menjaga gizi seimbang dan perbanyak konsumsi sayur dan buah.

"Kami juga menyampaikan jangan lupa pakai masker jika ada gejala-gejala seperti batuk, pilek dan demam segera ke konsultasi ke rumah sakit terdekat," katanya.

Sementara itu juga, Bintara Pembina Desa Pulau Lemukutan, Prajurit Kepala Ricchi Corneddho, melaksanakan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di kapal motor penumpang jurusan Teluk Suak-Pulau Lemukutan di dermaga Teluk Suak, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Baca juga: Kapuskesad sebut deteksi dini penting untuk penanganan COVID-19

Corneddho menyampaikan penyemprotan dilakukan untuk pencegahan wabah Virus Corona Covid-19 yang saat ini ada terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia.

"Apa yang kita lakukan untuk memutus rantai penularan dengan membersihkan dengan cairan khusus. Selain melaksanakan penyemprotan kami juga mengimbau menggunakan antiseptik sebagai upaya untuk mencegah dari Covid-19," jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Rabu lalu (18/03), telah mengeluarkan surat edaran menetapkan Status Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk Tanggap Darurat Corona Virus 2019 (Covid-19) terkait penanganan, pengendalian dan penghentian penularan virus tersebut di Kalbar.

Dengan status yang ada pemerintah daerah telah diminta untuk melakukan sejumlah langkah, antara lain menginstruksikan seluruh petugas kesehatan dan camat untuk secara aktif melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang haI-hal terkait dengan Covid -19.

Pemerintahan di semua tingkat di sana diinstruksikan menyemprotkan disinfektan pada tempat-tempat umum seperti sekolah-sekolah, dan menyediakan fasilitas tempat cuci tangan dengan air mengalir, sabun serta pembersih tangan.

Baca juga: Penyemprotan disinfektan di Kota Tua tak terhalang hujan


Pewarta: Dedi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menentukan pemimpin daerah di perbatasan sektor utara Indonesia-Malaysia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar