BI akan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan perkembangan-perkembangan yang terjadi
Jakarta (ANTARA) - Mencermati perkembangan penyebaran COVID-19 di Indonesia, Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk memastikan terjaganya stabilitas moneter dan sistem keuangan, terselenggaranya layanan sistem pembayaran yang aman, lancar, andal, dan efisien, serta memastikan ketersediaan uang rupiah di masyarakat.

"BI akan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan perkembangan-perkembangan yang terjadi terkait penyebaran COVID-19, serta akan mengumumkan apabila terjadi penyesuaian dalam kegiatan dan jadwal operasional serta layanan publik," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Baca juga: BI sudah kucurkan Rp300 triliun kawal rupiah dari tekanan COVID-19

Onny menjelaskan, tugas dan layanan publik BI yang akan tetap berjalan normal yaitu BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), serta transaksi operasi moneter rupiah dan valas yang didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP).

Selain itu, layanan penarikan dan penyetoran uang rupiah dari perbankan/PJPUR (penyelenggara jasa pengolahan uang rupiah), serta layanan transaksi keuangan pemerintah.

Menurut dia, BI telah menerapkan dan terus memperkuat langkah-langkah penguatan aspek K3 (keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja) baik dari sisi pegawai BI, maupun masyarakat/pihak yang berinteraksi dengan BI serta menerapkan imbauan pemerintah untuk menjaga jarak interaksi sosial (social distancing).

Pegawai yang melaksanakan tugas kritikal dan memberikan layanan kritikal telah bekerja dari beberapa lokasi yang tersebar (split operations). Sebagian besar pegawai lainnya saat ini bekerja dari rumah (work from home).

BI juga meningkatkan pembersihan dan kebersihan di semua lokasi kerja termasuk area-area publik perkantoran BI.

Selain itu, kata Onny, dalam rangka menjaga dan menjalankan keberlangsungan tugas dan layanan publik yang mengedepankan keamanan dan keselamatan masyarakat, BI terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait dalam menempuh langkah-langkah kolektif untuk melakukan pemantauan, asesmen, pencegahan dan mitigasi implikasi penyebaran COVID-19.

Baca juga: BI : Pandemi COVID-19 buat seluruh pasar keuangan panik
Baca juga: BI tinjau ulang pola V shape dampak COVID-19

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020