Penutupan sementara ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen Bali Zoo dalam menjaga kesehatan dan keselamatan pengunjung, karyawan dan juga satwa, yang menjadi prioritas utama kami dalam situasi pandemi virus corona ini.
Badung (ANTARA) - Manajemen Kebun Binatang Bali Zoo di Kabupaten Gianyar, Bali, memutuskan untuk menutup sementara kunjungan bagi para wisatawan sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19.

"Penutupan sementara ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen Bali Zoo dalam menjaga kesehatan dan keselamatan pengunjung, karyawan dan juga satwa, yang menjadi prioritas utama kami dalam situasi pandemi virus corona ini," ujar Public Relations Bali Zoo, Emma Chandra saat dikonfirmasi dari Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, penutupan sementara Bali Zoo dilakukan sejak Kamis, 19 Maret  hingga Selasa, 31 Maret mendatang. Selama penutupan itu, seluruh satwa dalam keadaan sehat dan kegiatan perawatan dan pemeriksaan kesehatan terhadap satwa di Bali Zoo tetap dilakukan setiap hari.

Baca juga: Dampak COVID-19, kunjungan wisatawan di Yogyakarta turun signifikan

Emma menjelaskan, kebijakan penutupan Bali Zoo dari kegiatan publik dan kunjungan wisata itu merupakan keputusan yang diambil oleh manajemen Bali Zoo dalam merespon keputusan pemerintah pusat dan daerah seperti Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Selain itu, penutupan tersebut juga sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali No 7194 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Kami terus memonitor situasi terkini dan berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah pusat dan daerah untuk mengetahui perkembangan dan antisipasi penyebaran virus corona," ungkap Emma.

Sejak awal Maret lalu, pengelola Bali Zoo juga telah melakukan tindakan preventif dengan melakukan penyemprotan desinfektan rutin sebelum jam operasional secara menyeluruh di kandang-kandang satwa hingga tempat yang biasanya dipenuhi oleh pengunjung.

"Kami sebelumnya juga telah melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermo gun kepada seluruh pengunjung dan karyawan sebelum memasuki area Bali Zoo sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona, selain itu kami juga menambahkan penempatan hand sanitizer untuk pengunjung dan karyawan," ujarnya.

Baca juga: Badung instruksikan penutupan sementara seluruh objek wisata

Ia memastikan, selama Bali Zoo tutup sementara, seluruh satwa mendapatkan perawatan yang terbaik dalam pengawasan Tim Konservasi Bali Zoo. Selain itu, langkah-langkah pencegahan seperti penyemprotan desinfektan ke seluruh area dan pengecekan suhu tubuh bagi karyawan yang masuk akan tetap dilakukan.

"Untuk para pecinta Bali Zoo, mereka tetap dapat berinteraksi secara daring untuk melalui akun resmi instagram Bali Zoo untuk mendapatkan beragam informasi terbaru tentang satwa," kata Emma Chandra.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020