ACT menilai jurnalis telah bekerja setiap waktu untuk mengabarkan kepada khalayak terkait virus tersebut.
Palu (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Global Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Sulawesi Tengah, di Palu, Minggu (22/3), mulai menyemprot desinfektan di perusahaan pers, Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sulteng, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19.

"Salah satu yang menjadi fokus kami dalam aksi kemanusiaan ini ialah para awak media dan tempat kerja mereka," ucap Penanggung jawab Program ACT Sulawesi Tengah, Mustafa.

Tim kemanusiaan ACT Sulteng dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 beranggotakan kurang lebih delapan orang, dipimpin langsung oleh Mustafa. Mereka tiba di Kantor LKBN ANTARA sekitar pukul 13.30 Wita, dan langsung melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh ruangan dan halaman Kantor Berita Indonesia itu.

ACT menyediakan kurang lebih 100 liter desinfektan untuk tiga tempat sasaran penyemprotan.

"Dalam sehari kami targetkan tiga tempat. Hari ini di Kantor Berita ANTARA, sekolah dan bank," ujarnya.

Sebelum menyemprot desinfektan di Kantor LKBN ANTARA, Tim ACT telah melakukan penyemprotan di SMAN 3 Palu. Selanjutnya penyemprotan dilanjutkan di BCA Cabang Palu.

Baca juga: Minim informasi, ACT sosialisasi pencegahan Covid-19 di Huntara

"Besok (Senin 23/3) kami rencananya melanjutkan di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu dan TVRI Sulteng," sebutnya.

ACT Sulteng, urai Mustafa, telah memulai penyemprotan desinfektan di fasum dan fasos pada Sabtu (21/3) di Palu. Penyemprotan itu di lokasi masjid di Lagarutu dan Jalan Kihajar dan Gereja KKA di Jalan Pattimura. Penyemprotan itu bukan hanya mencegah virus corona tetapi dengan virus dan bakteri lainnya.

Kepala ACT Cabang Sulteng, Nurmarjani Loulembab mengemukakan ACT juga peduli terhadap awak media dan perusahaan pers, karena ACT menilai mereka yang telah bekerja setiap waktu untuk mengabarkan kepada khalayak terkait virus tersebut.

“Jurnalis itu setiap waktu bekerja di tempat-tempat umum, dan mereka itu sangat rentan tertular virus corona. Olehnya kami ACT Sulteng juga akan melakukan penyemprotan desinfektan di kantor-kantor media, termasuk membantu kebutuhan mereka lainya,” ujar Nani.

Berkaitan dengan itu, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng Laode Masrafi mengapresiasi kerja cepat ACT mencegah penyebaran virus Corona lewat penyemprotan desinfektan.

Langkah tersebut sangat membantu melindungi masyarakat dan awak media dari ancaman penyebaran virus Corona.

"Apa yang dilakukan oleh ACT merupakan langkah kemanusiaan yang sangat bermanfaat," sebut Laode Masrafi.

Baca juga: ACT target salurkan air minum wakaf ke semua masjid di Kota Palu
Foto bersama Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan Kepala LKBN ANTARA Biro Sulteng Laode Masrafi usai melakukan penyemprotan desinfektan di Kantor Berita Indonesia Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng, di Palu, Minggu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan penyemprotan desinfektan di Kantor Berita Indonesia Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng, di Palu, Minggu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan penyemprotan desinfektan di Kantor Berita Indonesia Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng, di Palu, Minggu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan penyemprotan desinfektan di Kantor Berita Indonesia Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng, di Palu, Minggu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020