... terkait situasi-situasi terakhir ini di mana adanya peningkatan jumlah masyarakat yang positif Corona, pemerintah mengambil langkah prioritas dengan mengoptimalkan semua sumber daya nasional baik yang ada di pusat maupun di daerah.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mendesak agar rumah sakit-rumah sakit BUMN, TNI, dan  Polri di daerah-daerah segera dioptimalisasi.

"Rumah sakit-rumah sakit pusat yang ada di daerah yakni milik TNI, Polri dan BUMN untuk sesegera mungkin dioptimalisasi dan disiapkan dengan baik," ujar Doni di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu.

Doni mengatakan bahwa terkait situasi-situasi terakhir ini di mana adanya peningkatan jumlah masyarakat yang positif Corona, pemerintah mengambil langkah prioritas dengan mengoptimalkan semua sumber daya nasional baik yang ada di pusat maupun di daerah.
Baca juga: Menkes: RS Darurat Wisma Atlet fokus tangani pasien gejala ringan

Dengan demikian seluruh kepala gugus tugas dalam hal ini adalah gubernur, bupati dan walikota yang mana wakilnya merupakan unsur-unsur dari TNI-Polri yaitu Pangdam dan Kapolda maka harus bisa melakukan perencanaan dengan baik, kata Doni dalam konferensi pers rumah sakit darurat corona.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet Kemayoran akan fokus menangani pasien yang memiliki gejala ringan sehingga rumah sakit rujukan lainnya bisa fokus menangani mereka yang gejalanya berat.

Dengan memfokuskan diri kepada pasien yang kondisi gejala ringan, maka diharapkan rumah sakit rujukan lainnya bisa fokus menangani pasien-pasien yang gejalanya sedang ke berat.
Baca juga: Menteri BUMN siap optimalkan pengadaan atasi COVID-19

Menkes juga memaparkan bahwa di rumah sakit atau Wisma Atlet Kemayoran ini bisa digunakan untuk menampung isolasi bagi ribuan kamar untuk mereka yang terpapar gejala ringan.

"Kami menyiapkan ribuan kamar untuk bisa melewati masa-masa sakit ringan mereka dengan baik," katanya.

Ia juga mengemukakan bahwa lebih baik bagi rumah sakit yang menyeleksi mana yang layak untuk diisolasi ke rumah sakit darurat tersebut.
Baca juga: BUMN akan suplai kebutuhan medis RS darurat penanganan COVID-19

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020