saya perintahkan Satpol PP seluruh Jawa Tengah menjadi polisi Covid
Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja terjun ke lapangan untuk mengedukasi masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Kesadaran masyarakat tentang pencegahan penyebaran virus corona dirasa masih rendah. sehingga saya perintahkan Satpol PP seluruh Jawa Tengah menjadi polisi Covid yang bertugas melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat," kata Ganjar saat memimpin Rapat Penyusunan Rencana Operasional Penanggulangan COVID-19 Bersama Seluruh Kepala Dinas di Lingkungan Pemprov Jateng, Minggu.

Ganjar menyebutkan pembentukan polisi COVID tersebut didasarkan apa yang terjadi di masyarakat, dimana masih banyak yang merasa bahwa saat ini belum darurat sehingga kesadaran untuk menjaga diri dari infeksi COVID-19 belum ada.

Baca juga: Ganjar: Solo dan Semarang jadi prioritas pemeriksaan cepat COVID-19
Baca juga: Antisipasi COVID-19, Ganjar tutup destinasi wisata-tempat hiburan

Oleh karena itu, Ganjar ingin ada petugas yang turun ke lapangan untuk melakukan edukasi dan melakukan tindakan preventif yang solutif kepada masyarakat.

"Umpama ada masyarakat berkumpul dan jaraknya berdekatan, maka polisi COVID ini bisa mengingatkan, umpama ada antrean panjang dan berdesakan, mereka bisa mengingatkan dan memberikan jarak atau menjaga pasar dan mengingatkan masyarakat untuk terus rajin cuci tangan," ujarnya.

Tidak hanya Satpol PP, seluruh jajaran pemerintahan baik di tingkat provinsi maupun di daerah wajib menjadikan dirinya sebagai polisi COVID mulai tingkat RT,RW, lurah, camat harus bisa menjadi edukator bagi masyarakat.

"Kalau perlu Linmas, tokoh agama, tokoh masyarakat dilibatkan untuk membantu program ini. Agar tidak terjadi akses negatif, maka perlu dibekali pengetahuan misalnya sekarang musim orang nikah, maka Linmas, tokoh agama, tokoh masyarakat bisa mengingatkan agar resepsinya ditunda dulu," katanya.

Baca juga: Ganjar: Pasien positif COVID-19 di Jateng bertambah dua
Baca juga: Dua lapas di Semarang tiadakan kunjungan terhadap warga binaan


Selama seminggu ke depan, lanjut Ganjar, Polisi COVID akan ditugaskan secara serentak, nantinya evaluasi akan dilakukan untuk mengukur apakah cara itu efektif atau tidak.

"Termasuk saya akan mengajak para netizen untuk terus menyebarkan pemahaman kepada masyarakat tentang pencegahan virus Corona ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi Jateng Budiyanto E.P mengatakan siap berkoordinasi dengan seluruh jajaran Satpol PP tingkat kabupaten/kota guna menindaklanjuti perintah Gubernur Ganjar Pranowo.

"Akan langsung kami koordinasikan dengan kabupaten/kota agar perintah ini segera dieksekusi," katanya.

Baca juga: Pemkab Banyumas sisir riwayat perjalanan pasien positif COVID-19
Baca juga: Negatif corona, RSMS Purwokerto pulangkan 3 PDP
Baca juga: Ganjar: Pemprov Jateng kaji dampak virus corona terhadap perekonomian

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020