Saat pelantikan tim medis dari Dinas Kesehatan Dharmasraya ikut mendampingi beserta dengan satu unit ambulans
Pulau Punjung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmaraya, Sumatera Barat (Sumbar) melantik 156 anggota panitia pemungutan suara (PPS) di halaman Kantor Bupati Dharmasraya sebagai antisipasi penularan Virus Corona baru (COVID-19).

"Pelantikan PPS Dharmasraya dilakukan ditempat terbuka setelah mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dharmasraya Maradis, di Pulau Punjung, Minggu.
Baca juga: Pilkada Dharmasraya 2020 dipastikan tanpa calon perseorangan

Ia mengatakan proses pelantikan dilakukan sesuai standar penanganan COVID-19, seperti sebelum pelantikan halaman kantor bupati disemprot cairan disinfektan, seluruh PPS dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan berbaris dengan jarak minimal satu meter.

Menurut dia, secara keseluruhan proses pelantikan berjalan lancar dan tidak ada kendala.

"Saat pelantikan tim medis dari Dinas Kesehatan Dharmasraya ikut mendampingi beserta dengan satu unit ambulans," katanya pula.

Ia berharap PPS yang baru dilantik dapat bekerja secara profesional dan menjaga integritas demi terlaksana pilkada serentak yang lancar dan aman.

Sementara terkait tahapan pilkada yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat seperti verifikasi faktual bakal calon perseorangan ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan, kata dia lagi.

Dia mengatakan penundaan tersebut berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 179 terkait penundaan tahapan Pilkada 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Dan beberapa tahapan lainnya seperti pembentukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP), dan pemutakhiran dan penyusunan data pemilih. Terkait sampai kapan ditunda KPU Dharmasraya menunggu informasi selanjutnya dari KPU RI," kata dia.
Baca juga: KPU Dharmasraya tetapkan anggota DPRD 2019-2024 Kamis

Ia menambahkan KPU Dharmasraya juga akan menggelar rapat pada Senin (23/3) membahas langkah-langkah yang akan diambil terkait dintundanya beberapa tahapan Pilkada 2020.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020