Pak Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam suratnya meminta Wali Kota Banda Aceh untuk menutup sementara tempat keramaian
Aceh Besar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah telah mengirimkan surat kepada Wali Kota Banda Aceh untuk menutup sementara tempat keramaian dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona, kata pejabat humas provinsi setempat.

"Pak Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam suratnya meminta Wali Kota Banda Aceh untuk menutup sementara tempat keramaian yang tak lain adalah untuk membatasi agar wabah tersebut tidak menjadi pandemi di Aceh," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, di Banda Aceh, Minggu.
Baca juga: Seluruh ABK asing di pantai barat Aceh aman dari COVID-19, sebut KKP

Pernyataan itu disampaikannya terkait surat yang telah dikirimkan oleh Plt Gubernur Aceh kepada Wali Kota Banda Aceh dengan nomor surat 440/5242.

Ia menjelaskan dalam surat tersebut juga menjelaskan terkait seiring telah mewabahnya Virus Corona atau COVID-19 hingga ke Indonesia, maka perlu adanya penanganan serius terhadap virus tersebut, sehingga tidak meresahkan masyarakat Aceh.

Dia mengatakan untuk mengantisipasi meluasnya pengaruh virus tersebut, maka harus dilakukan pembatasan ruang gerak di lingkungan fasilitas umum agar wabah tersebut tidak menjadi pandemi di Aceh.

Karena itu, ia meminta kepada Wali Kota Banda Aceh agar dapat menutup sementara tempat keramaian seperti Pantai Ulee Lheu, kafe, warung kopi, karaoke, wahana permainan dan tempat hiburan lainnya di Banda Aceh.
Baca juga: Cegah Covid-19, Masjid Raya Baiturrahman disemprot desinfektan

Kemudian khusus untuk Pelabuhan Ulee Lheu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga meminta Wali Kota Banda Aceh menyiapkan prosedur penanganan evakuasi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 dari Sabang dan Pulau Aceh.

Iswanto berharap semua pihak harus bergerak dan bisa saling bersinergi dengan pemerintah untuk mencegah dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap penyebaran Virus Corona tersebut.
Baca juga: Polda Aceh imbau masyarakat berpartisipasi cegah Virus Corona

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020