Polisi perketat pemeriksaan penumpang di pelabuhan laut Jayapura

Polisi perketat pemeriksaan penumpang di pelabuhan laut Jayapura

Pemeriksaan suhu tubuh cegah penyebaran virus Corona kepada penumpang yang turun di Pelabuhan Laut Jayapura, Kota Jayapura, Papua. (ANTARA/HO-Humas Polresta Jayapura Kota)

Jayapura (ANTARA) - Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura bersama instansi terkait memperketat pemeriksaan penumpang di Pelabuhan Laut Kota Jayapura, Papua.

Kapolsek KPL Jayapura Iptu Enis Romory di Kota Jayapura, Minggu mengatakan guna meningkatkan pencegahan penyebaran COVID-19, pemeriksaan di Pelabuhan Jayapura kepada penumpang laut sejak Sabtu pekan kemarin diperketat.

Baca juga: Pemkab Jayawijaya perketat pemeriksaan di Bandara Wamena, cegah corona

Baca juga: Ganjar: Solo dan Semarang jadi prioritas pemeriksaan cepat COVID-19

Baca juga: Dinkes Surabaya tanggung biaya pemeriksaan tes swab COVID-19


"Setiap penumpang yang turun di Pelabuhan Jayapura langsung dipemeriksa suhu tubuh menggunakan Hand Thermo Scanner dan penyemprotan dengan menggunakan disinfektan," katanya.

Pemeriksaan dan penyemprotan itu dilakukan oleh Tim Kesehatan Terpadu dengan melaksanakan pemeriksaan deteksi dini gejala virus Corona atau COVID-19 terhadap para penumpang kapal KM Labobar yang turun.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, Polsek Kawasan Pelabuhan Jayapura bekerja sama dengan tim kesehatan Terpadu seperti Kesehatan Pelabuhan, Pelindo serta Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Iptu Enis mengemukakan pemantauan sterilisasi oleh petugas kesehatan kepada para penumpang yang turun dilakukan karena pelabuhan merupakan salah satu akses pintu masuk ke Jayapura selain dari bandara.

"Pelabuhan merupakan pintu masuk, sehingga kami mengambil langkah-langkah mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19), salah satunya dengan pemeriksaan suhu tubuh untuk deteksi awal," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemerintah tetapkan Rp 150 ribu untuk tarif tertinggi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar