Kami merencanakan penyemprotan disinfektan pada pekan ini, Selasa atau Rabu
Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor akan melakukan penyemprotan disinfektan pada 40 titik di ruang terbuka dan merupakan fasilitas publik di Kota Bogor.

"Kami merencanakan penyemprotan disinfektan pada pekan ini, Selasa atau Rabu, tapi akan disesuaikan dengan ketersediaan bahan disinfektannya," kata Dedie A Rachim, melalui telepon selulernya, di Kota Bogor, Senin.

Menurut Dedie A Rachim, rencana penyemprotan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) secara massal, karena perkembangannya di Kota Bogor semakin meningkat.

Namun, Dedie belum menjelaskan, di mana saja titik-titik fasilitas umum yang akan dilakukan penyemprotan disinfektan. "Kita akan melakukan penyemprotan disinfektan di 40 titik di seluruh Kota Bogor," katanya.

Baca juga: COVID-19 di Kota Bogor jadi tujuh kasus, satu meninggal

Menurut Dedie, selain penyemprotan di ruang publik, juga diserukan agar dilakukan penyemprotan di gedung-gedung perkantoran maupun di kantor perusahaan dan tempat-tempat usaha swasta.

Pemerintah Kota Bogor telah melakukan penyemprotan disinfektan di Balai Kota Bogor, pada Selasa (17/3) dan sejumlah kantor pemerintah lainnya juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan.

"Saya mengimbau pihak swasta juga melakukan penyemprotan disinfektan kantornya atau ditempat usahanya, untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus corona," katanya.

Baca juga: Satpol PP di Bogor keliling putarkan rekaman bupati soal COVID-19

Upaya lain yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor secara massal untuk mencegah penyebaran virus corona dengan terus mengingatkan masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri yang berada di rumahnya masing-masing dan tidak tidak bepergian jika tidak ada keperluan yang sangat penting.

Pemerintah Kota Bogor juga telah melakukan rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan unsur pimpinan DPRD Kota Bogor, pada pekan lalu, yang kemudian menetapkan sejumlah Peraturan Wali Kota dan Keputusan Wali Kota Bogor terkait dengan kondisi pandemi COVID-19.

Pada rapat koordinasi tersebut, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim juga meminta Polresta Bogor Kota untuk melakukan sosialisasi kepada warga Kota Bogor yang masih belum menyadari pentingnya isolasi mandiri untuk tetap berada di rumah.

Baca juga: Pemkot Bogor tunggu kiriman alat tes virus corona

"Polresta agar melakukan sosialisasi pencegahan virus corona. Kalau perlu, jika ada kerumunan warga agar dibubarkan dan diminta kembali ke rumahnya masing-masing," katanya.





 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020