Pangkogabwilhan I: Empat Kogasgabpad dibentuk untuk tangani COVID-19

Pangkogabwilhan I: Empat Kogasgabpad dibentuk untuk tangani COVID-19

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya TNI Yudo Margono ditemui di Komando Lintas Laut Militer, Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). (ANTARA/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan TNI membentuk empat Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) untuk penanganan virus corona penyebab COVID-19 .

"Empat Kogasgabpad itu akan menjadi subgugus tugas dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19," kata Yudo dalam jumpa pers yang diadakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin.

Yudo mengatakan empat Kogasgabpad tersebut akan bertugas di Wisma Atlet, Jakarta; Pulau Natuna, Kepulauan Riau; Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; dan Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Kogasgabpad di Wisma Atlet akan dikomandoi oleh Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono, Kogasgabpad di Pulau Natuna dikomandoi Panglima Komando Operasi TNI AU Marsekal Pertama TNI M Khairil Lubis.

Baca juga: Panglima Kogasgabpad pantau pemindahan ABK World Dream

Baca juga: Setelah observasi ABK, personel Satgas Kogasgabpad dicek kesehatannya

Baca juga: Kogasgabpad datangkan tongkang bawa logistik di Pulau Sebaru


Sedangkan Kogasgabpad di Pulau Sebaru dikomandoi Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, dan Kogasgabpad di Pulau Galang dikomandoi Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah.

"Di daerah-daerah tersebut masih disiapkan untuk observasi penanganan COVID-19. Konsentrasi masih di Wisma Atlet yang sudah ditinjau oleh Presiden," katanya.

Yudo mengatakan Kogasgabpad di Wisma Atlet sudah siap dan akan mulai beroperasi pada Senin pukul 17.00 WIB. Di dalam masing-masing Kogasgabpad akan terdiri atas tiga satuan tugas, yaitu pendamping, pendukung, dan pengamanan.

Petugas di satuan tugas pendamping adalah para tenaga kesehatan, sedangkan satuan tugas pendukung akan menyiapkan logistik termasuk makanan.

Sedangkan petugas di satuan tugas pengamanan terdiri atas personel dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat, Korps Marinir TNI Angkatan Laut, dan Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara.

"Jumlah keseluruhan yang akan bertugas di Kogasgabpad di Wisma Atlet berjumlah 566 orang," ujarnya.*

Baca juga: Kogasgabpad siapkan 60 pendamping kesehatan bagi ABK Diamond Princess

Baca juga: Kogasgabpad klaim lokasi observasi di Pulau Sebaru sudah siap

Baca juga: Kogasgabpad: Korban meninggal gempa Sulteng 2.002 orang

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar