...Maka mereka yang sudah investasi, yang pabriknya sudah dibangun, kami yakinkan mereka (corona) ini akan berlalu dan tetap BKPM akan kawal mereka sampai tingkat finishing investasi mereka
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terus meyakinkan investor untuk tetap menanamkan modalnya di Indonesia di tengah mewabahnya pandemi virus corona (COVID-19).

"Kami nyatakan bahwa ini tidak hanya terjadi di Indonesia, di dunia (juga terjadi) hampir semua. Maka mereka yang sudah investasi, yang pabriknya sudah dibangun, kami yakinkan mereka (corona) ini akan berlalu dan tetap BKPM akan kawal mereka sampai tingkat finishing investasi mereka," kata Bahlil dalam video conference di Jakarta, Senin.

Bahlil mengungkapkan investor pun memahami kondisi tersebut. Mantan Ketua Umum Hipmi itu menjelaskan dengan adanya pandemi corona, kecepatan laju realisasi investasi memang menjadi lebih lambat.

Hal itu disebabkan karena tenaga kerja dengan kemampuan tinggi yang tidak bisa datang ke Indonesia hingga mesin-mesin yang terhambat datang karena virus corona.

"Ibarat kecepatan kerja seharusnya 100 persen, itu menurun ada yang 60 persen, ada yang 70 persen," katanya.

Dengan kondisi tersebut, Bahlil menilai akan ada perlambatan. Namun, hal itu diyakininya akan dapat dikejar.

"Insya Allah kalau corona berlalu Mei, pada Juni-Juli itu akan cepat lagi. Pertanyaannya, apa dengan kondisi sekarang mereka tidak jalan? Tetap jalan. Tapi speed-nya tidak sesuai perencanaan, speed diturunkan," katanya.

Bahlil pun optimistis realisasi investasi pada triwulan pertama 2020 tumbuh lebih baik dibandingkan triwulan pertama 2019, yakni sekitar 5 persen hingga 6 persen karena investasi eksisting yang progresnya terus berjalan; keberhasilan BKPM menyelesaikan investasi yang mangkrak; hingga strategi jemput bola.

"Insya Allah realisasi investasi pada triwulan pertama 2020 dibandingkan triwulan pertama 2019 ada perkembangan. Kita akan umumkan akhir April nanti," ujarnya.

Baca juga: Optimistis, Bahlil siapkan 3 skenario investasi di tengah wabah Corona

Baca juga: BKPM luncurkan "Pusat Kopi" bikin investasi makin mudah

Baca juga: BKPM sebut animo investor tidak menurun di tengah wabah Corona

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020