Dukung Kartu Prakerja, Telkom hadirkan aplikasi Pijar Mahir

Dukung Kartu Prakerja, Telkom hadirkan aplikasi Pijar Mahir

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua dari kiri) dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (ketiga dari kiri) menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman mitra platform resmi Kartu Prakerja yang dilakukan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari (paling kanan) dan Direktur Digital Business Telkom Faizal R. Djoemadi (kedua dari kanan) di Jakarta, Jumat (20/3/2020). ANTARA/HO/Telkom

Fokus keterampilan yang akan didorong melalui Pijar Mahir adalah Telekomunikasi – Informasi dan Digital (TID)
Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk siap mendukung program pemerintah yang meluncurkan Kartu Prakerja melalui penyediaan platform Pijar Mahir yang menjadi mitra resmi portal www.prakerja.go.id

"Sebuah kehormatan bagi Telkom dipercaya menjadi salah satu platform digital untuk implementasi program strategis Kartu Prakerja melalui Pijar Mahir guna mewujudkan terciptanya talenta Indonesia yang unggul dan siap kerja,” kata Direktur Digital Business Telkom, Faizal R. Djoemadi dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Pijar Mahir merupakan aplikasi pembelajaran digital yang berfokus pada pelatihan bersertifikasi untuk pendidikan vokasi dan profesi di mana para pencari sertifikasi, pencari kerja, institusi pelatihan hingga komunitas profesi dapat bertemu secara mudah dengan dengan dunia usaha dan industri.

"Fokus keterampilan yang akan didorong melalui Pijar Mahir adalah Telekomunikasi – Informasi dan Digital (TID) serta supporting skill lainnya dengan model delivery online dan offline. Konten yang disediakan adalah hasil pengembangan internal (build) dan melalui kemitraan (borrow) baik dengan mitra internal sinergi antar TelkomGroup maupun dengan mitra eksternal," kata Faizal.

Guna memperkuat Pijar Mahir, Telkom telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 20 lembaga pelatihan dan menyediakan lebih dari 2.000 kursus dengan tema kewirausahaan, bahasa, hingga literasi digital.

“Intinya, Telkom melalui Pijar Mahir mendukung link and match karena berorientasi pada sertifikasi internasional dan rekrut digital talent melalui program Codex,” tambahnya.

Secara umum, skema Kartu Prakerja sangat mudah untuk diikuti. Setiap WNI di atas 18 tahun bisa mendaftarkan diri secara daring di situs Kartu Prakerja.

Kemudian, para pencari kerja bisa memilih berbagai jenis pelatihan melalui platform digital mitra resmi pemerintah. Selain dapat diakses pada www.prakerja.go.id, informasi mengenai Kartu Prakerja dan pelatihan yang tersedia juga dapat diakses melalui delapan platform digital milik mitra resmi pemerintah. Registrasi untuk Kartu Prakerja baru akan dibuka pada awal April 2020.

Sebelumnya, di Jakarta, Jumat (20/3) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, menyaksikan peluncuran portal www.prakerja.go.id.

Pada kesempatan itu, Airlangga mengatakan bahwa Kartu Prakerja menjadi solusi alternatif bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 untuk mendapatkan skill baru (skilling), meningkatkan keterampilan di bidang yang telah ditekuni (upskilling), atau di bidang yang baru (reskilling).

Baca juga: Telkom bangun jaringan telekomunikasi untuk dukung MotoGP Mandalika
Baca juga: Erick Thohir ingin Telkom percepat transformasi bisnis di era digital
Baca juga: Telkom berkomitmen percepat pembangunan ekosistem digital nasional

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Telkom komitmen penuhi kebutuhan jaringan hingga ke pelosok

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar