Medan (ANTARA) - Lantamal I Belawan menyemprotkan cairan disinfektan dan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh personel yang memasuki Markas Komando (Mako) tersebut guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Setiap personel dan ruang kerja di Lantamal I harus bersih untuk menghindari wabah virus COVID-19," ujar Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid, di Belawan, Senin.

Baca juga: Pomdam I/BB lakukan penyemprotan disinfektan, cegah corona

Ia mengatakan tetap waspada terhadap penyebaran COVID-19 sesuai dengan himbauan Pemerintah dan arahan Pimpinan TNI dan TNI AL.

Lantamal I dan Personel Diskes Lantamal I tergabung dalam Gugus Tugas Penanganan Wabah virus Corona (COVID-19) Sumatera Utara telah melaksanakan latihan cara menangani pasien yang diduga terinfeksi COVID-19.

"Mulai menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), cara memeriksa, cara mengevakuasi, dan cara merujuk ke rumah sakit yang telah di tunjuk sebagai rumah sakit untuk menangani pasien COVID-19 mengggunakan mobil ambulans," ujarnya.

Baca juga: TMMD 107 Kodim 0207/Simalungun tetap jalan

Rasyid menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS Lantamal I, serta warga di sekitar Belawan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, juga pola hidup sehat, mencuci tangan usai beraktivitas, dan menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, serta hindari keramaian.

"Saya tekankan kepada seluruh anggota agar mengikuti perkembangan situasi dan tidak mudah percaya terhadap informasi mengenai COVID-19 yang tidak jelas sumbernya.Apalagi menyebarkan informasi hoaks yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat," katanya.

Pemeriksaan suhu tubuh yang dilakukan Personel Diskes Lantamal I dan RSAL dr Komang Makes dilaksanakan di penjagaan ketika seluruh personel memasuki Mako Lantamal I.

Baca juga: Jumlah penderita COVID-19 di Jakarta meningkat 53 orang

Kemudian, dilanjutkan ke Dermaga Mako LantamalI tempat bersandarnya KRI dan KAL jajaran Satrol Lantamal I.
Tim melakukan hal yang sama pengecekan suhu tubuh anggota KRI,KAL dan di ruangan-ruangan Kapal.Selain itu penyemprotan Disinfektan dilakukan di Perumahan Dinas Lantamal I Belawan.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020