Ambon (ANTARA) - Kepolisian Daerah Maluku mengerahkan dua unit mobil water canon berisikan cairan disinfektan dan melakukan penyemprotan di di seluruh ruas jalan hingga berbagai sudut Kota Ambon sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Tim yang dikerahkan adalah personel subden 3 kimia, biologi, dan radiokatif (KBR) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku," kata Karo Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Senin.

Baca juga: Sat Brimob Polda Banten perketat masuk Mako cegah COVID-19

Ada dua tim yang dikerahkan menggunakan dua unit mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan guna melakukan sterilisasi di berbagai sudut kota demi mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Kegiatan penyemprotan dimulai dari sekitar Hotel Amaris di kawasan Ponegoro yang merupakan tempat menginapnya salah satu pasien asal Bekasi yang sudah dinyatakan positif corona.

Selanjutnya tim pertama melakukan kegiatan penyemprotan dari kawasan Tantui Bawah, Lampu Lima, depan pusat perbelanjaan MCM, dan melanjutkan perjalanan ke kawasan Tantui Atas, lalu menyusuri jalan Jenderal Sudirman menuju pusat kota.

Baca juga: Polda Metro batasi operasional pelayanan Samsat dan SIM

Tim kemudian berbelok arah menuju kawasan Karangpanjang dan memutar ke kawasan Belakang Soya, Batumeja dan melintasi depan Mapolda, Depan Korem 174/Pattimura, Urimesing, Tugu Trikora, dan lanjut ke arah Pohon Puleh hingga kawasan Talake, Waehaong, Jalan Tulukabessy, dan berakhir di lapangan Tahapary Tantui.

Sedangkan tim dua yang menggunakan satu unit mobil water canon lainnya dimulai dari kawasan Karangpanjang menuju Belakang Soya, Tanah Tinggi, melintasi depan Polsek Sirimau, Jalan AY Patty, depan Xaverius dan memutar ke arah Jalan AM Sangaji, Desa Batumerah, Ongkoliong, Kapahaha, dan berakhir di lapangan Tahapary Tantui.

"Mobil water canon yang melintasi setiap ruas jalan ini menyemprotkan cairan disinfektan pada sisi kiri dan kanan jalan secara bersamaan," jelas Kabid Humas.

Baca juga: DJBC terapkan SOP baru impor barang untuk penanggulangan COVID-19

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020