Gugas COVID-19 Batam kategorikan 1.572 orang dalam pemantauan

Gugas COVID-19 Batam kategorikan 1.572 orang dalam pemantauan

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam Amsakar Achmad. ANTARA/Naim

mereka ini dipantau saja kesehatannya. Jangan pula dijauhi
Batam (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam Kepulauan Riau mengategorikan 1.572 warganya sebagai orang dalam pemantauan dan seorang pasien dalam pengawasan COVID-19.

Hal itu berdasarkan penyisiran data kesehatan warga yang dilakukan oleh relawan, perangkat RT/RW dan lurah setempat, kata Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam, Amsakar Achmad di Batam, Senin.

Pengkategorian itu merujuk pada hasil pemeriksaan kesehatan setiap warga yang terus dilakukan hingga awal pekan depan. Apabila ada warga memiliki gejala seperti batuk, demam dan lainnya, maka akan dimasukkan dalam status orang dalam pemantauan.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Batam meninggal
Baca juga: Pemkot Batam susuri kesehatan seluruh warga antisipasi COVID-19
Baca juga: Pertamina bantu warga Batam perlengkapan cegah penularan COVID-19


Masyarakat yang masuk dalam kategori orang dalam pemantauan itu diharapkan tetap tenang, sambil memeriksakan diri secara seksama.

"Jadi masyarakat jangan salah paham. Mereka ini dipantau saja kesehatannya. Jangan pula dijauhi," kata pria yang juga Wakil Wali Kota Batam itu.

Ia menegaskan, pengkategorian itu hanya upaya pemerintah dalam memantau kesehatan warganya, dan melakukan penanganan yang tepat untuk menekan angka penularan virus corona.

Amsakar menjelaskan, sebanyak 737 orang hanya memiliki sedikit gejala, misalnya batuk tapi tidak demam, atau sebaliknya. Sementara sebanyak 834 orang lainnya memiliki beberapa gejala COVID-19.

"Saya minta betul, agar pers memaknai ini sebagai upaya menyehatkan masyarakat, ingin memastikan apa yang dihadapi masyarakat, supaya 'clear'," kata dia.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Batam adalah warga transit
Baca juga: 60 warga "close contact" pasien positif COVID-19 dikarantina di Batam
Baca juga: Seorang warga Batam positif COVID-19

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar