hanya ada dua kabupaten yang belum melaporkan ODP yaitu Konawe Selatan dan Buton Selatan
Kendari (ANTARA) - Jumlah pasien orang dalam pemantauan (ODP) kasus virus corona (COVID-19) di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga Senin (23/3), tercatat sebanyak 982 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19  Sultra, La Ode Rabiul Awal mengungkapkan penyebaran angka ODP ini hampir terdapat di seluruh wilayah kabupaten/kota di Sultra.

"Perkembangan data-data tentang ODP dan PDP (pasien dalam pengawasan) di wilayah Sulawesi Tenggara. Untuk ODP sebanyak 982 orang, PDP 15 orang.  Satu PDP dilaporkan meninggal hari ini," kata Rabiul, saat konferensi pers di Posko Penanganan COVID-19 di Kantor Dinas Kesehatan Sultra, Senin (23/3) malam.

Baca juga: Pasien status PDP corona di RS Bahteramas meninggal dunia

Baca juga: Sampel Ojol di Kendari yang ditemukan meninggal, dikirim ke Jakarta

Baca juga: Kendari sediakan layanan gratis penyemprotan disinfektan


Berdasarkan keterangan resmi dari pemerintah pusat, kata dia, Provinsi Sulawesi Tenggara tidak ada penambahan kasus baru  COVID-19.

"Jadi kita tetap tiga kasus tidak ada kasus baru. Sekedar informasi bahwa tiga pasien yang dinyatakan positif corona semuanya sampai hari ini dalam keadaan baik dan masih berada di ruang isolasi Rumah Sakit bahteramas Kendari," ungkapnya.
Data-data jumlah pasien positif corona, PDP dan ODP kasus corona di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. (Sumber:Gugus Tugas Covid-19 Sultra). (ANTARA/Harianto)


Sebelumnya, pada Minggu (22/3) jumlah ODP tercatat 432 orang, sementara jumlah PDP 16 orang, namun pada Senin jumlah PDP menjadi 15 orang karena satu orang PDP dinyatakan meninggal hari ini pada pukul 11.00 Wita.

"Peningkatan jumlah ODP ini berdasarkan surveilans, dimana riwayat kontak untuk kasus yang sudah terkonfirmasi maupun PDP yang sedang menjalani isolasi," pungkasnya.

Rabiul mengungkapkan bahwa dari 17 kabupaten/ kota di Sultra, hanya ada dua kabupaten yang belum melaporkan ODP yaitu Konawe Selatan dan Buton Selatan. Sementara kabupaten kota yang sudah terkonfirmasi kasus COVID-19 yaitu Kota Kendari dan Kabupaten Konawe.
 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020