Efek gabungan dari likuiditas tidak terbatas dan pemerintah memberlakukan tindakan penahanan membantu memantapkan pasar semalam
Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia sedikit lebih tinggi pada pembukaan perdagangan Selasa pagi, dengan sebagian besar sektor bergerak di wilayah hijau.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 59,1 poin pada 4.605,10, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 58,3 poin pada 4.622,40.

Baca juga: Bursa saham Australia berakhir naik setelah seminggu bergejolak

Hampir semua sektor diperdagangkan lebih tinggi, dengan sektor teknologi informasi, material, energi, dan kesehatan memimpin kenaikan.

"Efek gabungan dari likuiditas tidak terbatas dan pemerintah memberlakukan tindakan penahanan membantu memantapkan pasar semalam," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Saham-saham masih di bawah tekanan, tetapi penurunan di Eropa dan AS kurang dramatis," katanya.

Baca juga: Bursa Australia menguat, jelang pengumuman dukungan bank pada nasabah

Penguncian di Inggris dan paket fiskal AS yang segera datang dengan latar belakang Federal Reserve AS adalah pengaruh penting pada sesi semalam.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 2,43 persen, ANZ naik 0,99 persen, National Australia Bank naik 0,79 persen dan Westpac Bank naik 0,85 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan BHP naik 3,89 persen, penambang emas Newcrest naik 6,42 persen, Rio Tinto turun 1,39 persen dan Fortescue Metals turun 0,73 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas terangkat dengan Oil Search naik 1,06 persen, Santos naik 4,11 persen dan Woodside Petroleum naik 0,59 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra naik 0,16 persen, maskapai nasional Qantas melonjak 6,64 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 2,61 persen.

Baca juga: Saham Australia perpanjang kerugian meski bank sentral pangkas bunga

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020