Jakarta (ANTARA) - Beraktivitas fisik apapun bentuknya, salah satunya olahraga sebaiknya Anda lakukan tak berlebihan, termasuk di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19 saat ini.

Tamara Hew-Butler, asisten profesor kedokteran olahraga di Wayne State University, Amerika Serikat menyarankan sebaiknya lakukan kegiatan ini 20-45 menit, tiga kali seminggu untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Dia, seperti dilansir Science Alert, mengingatkan ada sejumlah kondisi yang mungkin terlalu berisiko jika Anda berlahraga, salah satunya saat kelelahan.

Kelelahan bisa meningkatkan risiko Anda kena infeksi. Setelah lari maraton, misalnya karena meningkatkan risiko penyakit dari 2,2 persen menjadi 13 persen.

Selain itu, sebaiknya jangan berolahraga jika Anda memiliki gejala flu, jangan berolahraga di tempat yang ramai dan tertutup dan jangan berbagi minuman atau peralatan makan dengan orang lain.

Terakhir, jangan terlalu banyak minum, terutama saat sakit untuk mencoba dan "membuang" racun atau mencegah dehidrasi. Tidak benar Anda dapat "membuang" racun melalui cara itu.

Baca juga: Berolahraga di tengah pandemi corona? ini tipsnya

Baca juga: Studi: rajin olahraga bikin pintar

Baca juga: Aktivitas fisik tepat untuk ibu hamil

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020