Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan layanan publik untuk mendukung  masyarakat yang sedang beraktivitas di rumah guna menghindari merebaknya pandemi COVID-19 terus berjalan, kata Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga.

Perusahaan-perusahaan BUMN seperti PT PLN yang memasok listrik dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dengan jaringan telekomunikasinya akan berjalan seperti biasa untuk memastikan layanan kepada publik tetap berjalan.

"Kita konsisten untuk tetap mengedepankan pelayanan sehingga service yang memang dinikmati masyarakat tetap kami lakukan," kata Arya dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kementerian BUMN terus usaha siapkan APD untuk garda depan COVID-19
Baca juga: Kementerian BUMN jelaskan skenario layanan kesehatan pasien COVID-19


Tidak hanya itu, dia memastikan bahwa transportasi publik yang berada di bawah Kementerian BUMN seperti layanan kereta baik KRL maupun kereta di bawah PT Kereta Api Indonesia (Persero), layanan pesawat PT Garuda Indonesia Tbk, Citilink dan layanan laut dari PT Pelni tetap berjalan dengan langkah preventif mencegah penularan wabah COVID-19.

Metode menjaga jarak atau physical distancing antar pengguna layanan juga tetap dijaga oleh transportasi umum yang berada di bawah Kementerian BUMN.

Perusahaan transportasi BUMN juga berkomitmen menjaga kesehatan para pegawainya yang masih bekerja sampai saat ini untuk memastikan publik dapat terlayani.

"Sehingga kami dari BUMN berkomitmen, (Menteri BUMN) Pak Erick Thohir juga mengatakan kita harus berkomitmen untuk melaksanakan pelayanan publik yang sudah ditetapkan sebagai SOP," kata dia.

Hal itu harus dilakukan, kata Arya, agar perusahaan-perusahaan BUMN tetap memberikan layanan sepenuhnya kepada publik di tengah mewabahnya penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu.

Baca juga: Bantu isolasi mandiri, Kementerian BUMN gabung aplikasi satu platform
Baca juga: Kementerian BUMN siapkan penambahan kapasitas RS Darurat Wisma Atlet

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2020