... penyemprotan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran ini wajib dilakukan mengingat angka penyebaran virus COVID-19 di Kabupaten Bekasi relatif tinggi.
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Sepanjang Jalan Pantai Utara (Pantura) yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat disemprot disinfektan oleh pemerintah daerah setempat mulai batas Kota Bekasi hingga batas Kabupaten Karawang.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan penyemprotan ini sebagai langkah preventif yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi wabah pandemik Covid-19 di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Ini langkah preventif yang dilakukan pemerintah guna mencegah penyebaran virus berbahaya ini," katanya, Selasa.
Baca juga: Bogor, Depok, Bekasi terbanyak kasus COVID-19 di Jawa Barat

Menurut dia, penyemprotan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran ini wajib dilakukan mengingat angka penyebaran virus COVID-19 di Kabupaten Bekasi relatif tinggi.

"Untuk itu, penyemprotan dilakukan di semua ruas jalan di wilayah kami," ucapnya.

Selain jalan penyemprotan disinfektan ini juga dilakukan di Pasar Tambun, Pasar Induk Cibitung, dan Terminal Cikarang yang berada di Kecamatan Cikarang Barat.

Bahkan pemerintah akan membangun tenda strerilisasi yang dilengkapi alat disinfektan di ruang publik.
Baca juga: Cegah COVID-19, Polres Metro Bekasi Kota gelar sterilisasi di masjid

"Tenda ini dibuat agar memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam menggunakan fasilitas publik seperti terminal," ungkapnya.

Eka mengimbau masyarakat Kabupaten Bekasi agar tetap tenang dan tetap berdiam diri di rumah hingga wabah ini sudah tidak ada lagi.

Hingga Selasa 24 Maret 2020 pukul 12.05 WIB tercatat Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 112 orang dengan rincian 90 orang dalam pemantauan dan 22 orang selesai pemantauan sementara Pasien Dalam Pemantauan (PDP) berjumlah 56 orang.

Rinciannya, 49 orang dalam pengawasan dan 7 selesai pengawasan. Sedang kasus terkonfirmasi Covid-19 berjumlah 15 kasus positif di Kabupaten Bekasi dengan rincian 11 orang dirawat di rumah sakit rujukan dan 1 orang dinyatakan sembuh. Kemudian 5 meninggal (3 positif, 2 suspek corona).
Baca juga: 1 PDP COVID-19 meninggal di Bantul, domisili Bekasi

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020