Bukittinggi (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Bukittinggi, Sumatera Barat, menyediakan layanan panggilan video untuk warga binaan karena ditutupnya jam kunjungan bagi keluarga untuk meminimalkan potensi penyebaran Covid-19.

"Jam kunjungan mulai hari ini ditiadakan sebagai gantinya ada layanan panggilan video yang kami sediakan," kata Kepala LP Bukittinggi, Marten, di Bukittinggi, Selasa.

Baca juga: Rumah Tahanan Surakarta fasilitasi warga binaan "video call"

Untuk bisa memakai fasilitas itu, kata dia, warga binaan menginformasikan nomor kontak kerabat yang ingin dihubungi kepada petugas.

Selanjutnya petugas akan menghubungi kerabat warga binaan bersangkutan, jika terhubung maka dapat langsung berkomunikasi melalui layar gawai sebagai ganti pertemuan fisik yang potensial menularkan Covid-19, baik kepada pengunjung ataupun kepada warga binaan dan petugas. 

Penanggung jawab LP Bukittinggi menyediakan empat unit komputer personal pada layanan agar para warga binaan dapat bertukar kabar dengan kerabat selama jam kunjungan ditiadakan karena mengantisipasi bahaya penyebaran virus Corona.

Baca juga: Ditjen PAS siapkan blok khusus warga binaan terduga terjangkit Corona

Layanan panggilan video dioperasikan sesuai dengan jam kunjungan. Jika banyak warga binaan yang ingin melakukan panggilan, maka diberlakukan pembatasan waktu agar sama-sama mendapat giliran.

"Karena baru hari ini, kami masih sosialisasikan pada warga binaan. Kami harap sama-sama dapat memaklumi karena ini antisipasi penyebaran virus corona," katanya.

Baca juga: Dua lapas di Semarang tiadakan kunjungan terhadap warga binaan

Jam kunjungan, ujarnya, akan ditiadakan mulai hari ini sampai 14 hari ke depan.

Langkah lain untuk antisipasi pencegahan virus corona, penanggung jawab LP Bukittinggi menganjurkan warga binaan untuk berolahraga setiap pagi di lapangan yang tersedia, dan mengharuskan perlengkapan tidur mesti dijemur di bawah sinar matahari setiap hari. 

Baca juga: Tim epidemiologi Dinkes sterilisasi Lembaga Pemasyarakatan Tulungagung

Sementara pantauan di lokasi, masih ada kerabat dari warga binaan yang datang untuk menjenguk. Karena ada larangan kunjungan untuk sementara waktu, maka kerabat yang datang hanya dapat menitipkan makanan yang dibawa untuk warga binaan.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020