Sejumlah perusahaan terpanggil bantu pengadaan APD bagi tim medis

Sejumlah perusahaan terpanggil bantu pengadaan APD bagi tim medis

PT Semen Tonasa memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan kasus terkait COVID-19 yang dikumpulkan Tim Satgas Unhas di Makassar, Selasa,(24/3/2020). ANTARA/HO Humas Unhas/am.

Untuk menghadapi wabah COVID-19 harus berkolaborasi baik dengan BUMN maupun swasta
Makassar (ANTARA) - Sejumlah perusahaan baik berstatus BUMN ataupun swasta ikut terpanggil untuk membantu pengadaan alat pelindung diri (APD) untuk penanganan wabah COVID-19 yang disalurkan melalui Tim Satgas Unhas.

Tim Satgas COVID-19 Unhas menerima bantuan sebanyak 69 paket APD lengkap yang diantarkan langsung Prof Idrus A Paturusi yang juga merupakan Komisaris PT Semen Tonasa Tbk.

“Ini kita sedang menghadapi situasi bencana. Dalam pengalaman saya, kita tidak bisa menyelesaikan sendirian, harus ada kolaborasi. Alhamdulillah teman-teman di Unhas sudah sangat aktif terlibat," katanya di Makassar, Selasa.

"PT Semen Tonasa ikut membantu. Mudah-mudahan lebih banyak lagi yang terlibat, agar masalah wabah ini dapat kita atasi bersama-sama,” lanjut Prof Idrus.

Baca juga: Psikolog: Pembatasan sosial ubah perilaku sosial dengan adaptasi cepat

Baca juga: Rektor Unhas tunda wisuda, antisipasi infeksi virus corona

Baca juga: Satu PDP COVID-19 di Makassar meninggal dunia
​​​​​​​
​​​​​​​
Baca juga: IGI dukung peniadaan ujian nasional


Prof Idrus menjelaskan, bantuan APD yang disalurkan ini sepenuhnya didukung oleh manajemen PT Semen Tonasa. Direktur Utama Semen Tonasa Muh Subhan AK, menyetujui dan mendukung langkah ini, sebagai wujud nyata partisipasi sosial Semen Tonasa dalam mengatasi masalah bangsa.

Bantuan yang diterima oleh Direktur Rumah Sakit Unhas ini selanjutnya diteruskan kepada Posko Induk Satgas Covid-19 Unhas. Dalam beberapa hari terakhir, Tim Satgas Covid-19 Unhas aktif mendistribusikan Alat Perlindungan Diri (APD) untuk keperluan perawatan pasien dalam perawatan (PDP) yang tersebar pada berbagai rumah sakit rujukan.

Tim Satgas Covid-19 Unhas juga menerima bantuan sebesar Rp500 juta rupiah dari PT Sinar Galesong Pratama.

Unhas sendiri melakukan beberapa langkah dan tindakan untuk merespon wabah COVID-19. Selain melakukan upaya memutus mata rantai penyebaran, Unhas juga menjawab masalah nyata yang dihadapi oleh para petugas kesehatan di garis depan. Untuk itu, Unhas mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama turun tangan.

“Tim Satgas COVID-19 Unhas dapat menjadi salah satu wadah untuk menyalurkan bantuan. Kami mengelola bantuan dengan hati-hati dan transparan. Saya instruksikan tim komunikasi untuk secara rutin menyampaikan laporan kepada masyarakat, baik melalui media maupun sosial media kami. Tujuan untuk menjaga kepercayaan publik,” kata Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Palubuhu MA.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar