Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian mendirikan empat gerai (booth) penyemprotan cairan disinfektan di pintu masuk Kantor Pusat yang berlokasi di Kawasan Ragunan, Jakarta Selatan guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19, terutama di area kantor.

Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Kementan Maman Suherman mengatakan tujuan penyemprotan disinfektan ini untuk memastikan setiap orang yang ingin memasuki area kantor terbebas dari virus yang menempel di pakaian, rambut hingga ke kakinya karena memiliki potensi sebagai media dalam penyebaran covid-19.

"Untuk melindungi karyawan Kementan serta tamu yang datang kita pasang disana disinfektan sehingga nanti kalo kita masuk kantor atau ruangan sudah dalam keadaan bersih," kata Maman di Jakarta, Selasa.

Maman menjelaskan bahwa penyemprotan disinfektan dilakukan kepada setiap orang yang ingin masuk ke area kantor baik itu karyawan maupun non karyawan.

Ia mengatakan tindakan ini sangat penting dilakukan mengingat Kementan merupakan salah satu instansi layanan publik yang selalu berinteraksi dengan berbagai kalangan masyarakat khususnya dalam bidang perizinan.

Menurut dia, pintu akses menjadi bagian penting yang paling ketat dijaga sehingga Kementan bisa menyukseskan upaya pencegahan virus Covid-19.

"Booth ini kita pasang disetiap pintu masuk atau keluar. Ada 4 Booth yakni 2 booth di pintu masuk utama dan 2 booth di pintu msuk yang berada di jalan T.B Simatupang," kata Maman.

Selain itu, Kementan juga telah memasang wadah berisi hand sanitizer atau alat cuci tangan yang dipasang di setiap pintu lift setiap lantai sehingga tangan juga dapat selalu dipastikan dalam keadaan higienis.

Setiap hari di jam pulang kantor, penyemprotan disinfektan di ruangan kerja juga dilakukan guna memastikan virus tidak dapat bertahan.

Salah satu penjaga disinfektan booth, Rahman, menjelaskan penyemprotan disinfektan di pintu akses Kementan akan terus dilakukan hingga keadaan mulai kembali seperti semula.

Tindakan disinfektan yang dilakukan sangat mudah, yakni di dalam booth sudah disediakan cairan disinfektan dan kipas yang akan menyebar cairan tersebut. Selama di dalam tenda, karyawan disarankan untuk memejamkan mata dan menahan nafas.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020