Ramallah, Tepi Barat (ANTARA News/AFP) - Beberapa pejabat Palestina mengatakan, Minggu, mereka telah menemukan sebuah pabrik bom Hamas di bawah sebuah masjid di Tepi Barat yang diduduki Israel.

"Pasukan keamanan telah menemukan sebuah pabrik bom di dalam sebuah masjid di Qalqiliya," kata pernyataan kementerian dalam negeri. "Banyak dari bom itu siap untuk digunakan dan banyak dari bom itu berkualitas industri."

Seorang pejabat senior keamanan mengatakan bahwa pasukan keamanan Palestina pimpinan-Fatah telah menahan "banyak" orang untuk ditanyai setelah penemuan tersebut, dan mengatakan: "Pabrik itu milik Hamas".

Pengungkapan itu mungkin akan meningkatkan ketegangan antara kedua kelompok penting yang perselisihan mereka telah berjalan lama dan meledak pada Juni 2007 ketika kelompok Islam Hamas menendang para pendukung setia Fatah dari Gaza setelah sepekan pertempuran jalanan yang mematikan.

Tindakan tersebut menyebabkan kekuasaan Fatah hanya terbatas di Tepi Barat dan sejak itu kedua kelompok yang bersaing saling tuduh telah menganiaya anggota mereka.

Mesir telah berusaha selama beberapa bulan untuk menengahi pembicaraan rekonsiliasi dengan tujuan membentuk pemerintah persatuan, tapi awal bulan ini mengatakan telah menangguhkan sementara upaya itu.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009