Ilustrator Asterix Obelix, Uderzo meninggal saat tidur di usia 92

Ilustrator Asterix Obelix, Uderzo meninggal saat tidur di usia 92

Albert Uderzo. (REUTERS/Alex Grimm)

Jakarta (ANTARA) - Albert Uderzo yang menggambar komik Prancis "Asterix dan Obelix" meninggal dunia saat tertidur dalam usia 92 tahun pada Selasa (24/3), dilansir AFP pada Rabu.

"Albert Uderzo meninggal saat tidur di rumah, di Neuilly, setelah serangan jantung, dan tidak terkait corona. Dia sangat lelah selama beberapa minggu terakhir," kata menantu Uderzo, Bernard de Choisy kepada AFP.

Baca juga: Pencipta Asterix pensiun

Uderzo dan René Goscinny sebagai penulis cerita adalah "orang tua" dari seri komik Prancis yang bercerita tentang melawan penjajah Romawi. Komik itu menghibur anak-anak seantero dunia selama enam dekade.

Awalnya Uderzo adalah ilustrator Asterix and Obelix yang ditulis oleh Goscinny, sebelum sang penulis meninggal pada 1977.

Setelah kematian Goscinny, Uderzo meninggalkan penerbit Dargaud kemudian mendirikan perusahaan sendiri bernama Les Editions Albert-René.

Ia sendiri yang menulis dan mengilustrasikan serial itu hingga pensiun pada 2009.

Serial itu berkembang menjadi 38 buku, dan yang paling baru "Asterix and the Chieftain's Daughter" rilis pada tahun lalu, meskipun Uderzo telah berhenti mengilustrasikan seri itu pada 2011.

"The Chieftain's Daughter" terjual sebanyak 1,6 juta kopi di Prancis, dan masuk dalam daftar buku terlaris.

Sedangkan di seluruh dunia, karya mereka terjual 380 juta, dan diubah menjadi serial kartun dan film layar lebar. Asterix telah diterjemahkan ke dalam 111 bahasa, termasuk Latin dan Yunani Kuno.


Baca juga: Karakter Assange muncul di edisi baru komik Asterix

Baca juga: Asterix menjelajah Skotlandia kuno dalam seri terbaru

Baca juga: Gerard Depardieu diadili karena mabuk

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dukung pemberantasan korupsi dengan kartun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar