untuk pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak enam orang, empat orang di antaranya sudah dipulangkan
Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat hingga Rabu pagi, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19 di kota itu mencapai 75 orang.

"Untuk ODP sampai pagi ini ada 75 orang, sedangkan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak enam orang, empat orang di antaranya sudah dipulangkan dan dua orang masih dirawat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Masagus Hakim di Pangkalpinang, Rabu.

Baca juga: Pemkot Pangkalpinang sosialisasi pencegahan infeksi virus corona

Ia mengatakan saat ini seluruh tim terus berupaya memberikan kontribusi positif dan terbaik untuk masyarakat, agar terhindar dari tertular virus corona.

"Saat ini saya sedang mengusahakan alat dari Palembang untuk tes hasil pemeriksaan pasien apakah positif terpapar COVID-19 dalam hitungan jam, tidak seperti saat ini harus menunggu berhari-hari,” ujarnya.

Baca juga: DPRD Pangkalpinang minta batasi kegiatan seremonial cegah Corona

Menurut dia, Wali Kota Pangkalpinang juga telah mengimbau masyarakat mencegah penyebaran virus corona dengan cara mengurangi kegiatan kumpul-kumpul dan tetap menjaga jarak bila berada di luar rumah atau di keramaian.

"Masyarakat juga diminta untuk menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dan menghindari menyentuh benda atau fasilitas umum, serta akan lebih baik jika tetap di rumah saja," katanya.

Baca juga: RSUD Pangkalpinang rawat pasien dalam pengawasan

Selain itu, bagi warga yang sedang sakit dianjurkan menggunakan masker supaya tidak menularkan kuman kepada orang lain.

"Apabila sakit demam tinggi yang disertai batuk kering dan sesak nafas segeralah periksa diri ke dokter," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Pangkalpinang: Perketat pengawasan bandara dan pelabuhan

 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020