Distribusi dan penyebaran relawan ini akan segera dilakukan
Jakarta (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 merencanakan penyebaran para relawan medis dalam penanganan wabah virus corona  (COVID-19).

"Distribusi dan penyebaran relawan ini akan segera dilakukan," kata Koordinator Relawan Gugus Tugas COVID-19, Andre Rahadian dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Baca juga: BNPB sebut peran relawan penting atasi wabah COVID-19

Andre menjelaskan peran relawan bersama dengan semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk percepatan penanganan COVID-19.

Menurut Andre, yang menjadi kebutuhan saat ini adalah relawan medis karena tenaga medis rumah sakit sudah harus masuk ke ruangan isolasi.

Selain itu peran serta para dokter, perawat hingga ahli kesehatan masyarakat sangat diperlukan. Sehingga pihaknya memanggil relawan bisa memberikan bantuan dan kontribusi dalam penanganan wabah COVID-19.

Baca juga: Ketua Gugus Tugas ingin PKK hingga karang taruna bantu cegah COVID-19

"Sudah banyak organisasi kedokteran dan organisasi perawat yang telah tergabung dalam gugus tugas ini, yang mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan bisa kita kumpulkan bersama-sama," harap Andre.

Pihaknya dibantu gugus tugas sudah melakukan rekonsiliasi perekrutan dan juga distribusi dari relawan saat ini melalui website BNPB di kolom relawan.

Website itu akan dijadikan sebagai pusat pendaftaran dan data dari semua relawan yang ada terutama relawan medis.

Baca juga: Kemendes PDTT minta seluruh desa bentuk relawan desa tanggap COVID-19

 

Pewarta: Fauzi/Fianda Sjofjan Rassqt
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020