Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono membagikan masker dan minuman kesehatan untuk tenaga kesehatan di sejumlah puskesmas yang ada di wilayah setempat.

"Kami membagikan masker sambil menyemangati para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19," katanya di Banjarnegara, Rabu.

Bupati mengatakan pada hari ini dirinya turun langsung membagikan masker ke sejumlah puskesmas yakni Puskesmas Wanadadi 2, Puskesmas Rakit 2 serta Puskesmas Punggelan 1 dan 2.

"Ini merupakan kelanjutan dari program pembagian masker yang sebelumnya juga telah dilakukan di sejumlah rumah sakit dan puskesmas lainnya yang ada di wilayah ini," katanya.

Baca juga: Kapolres Banjarnegara imbau warga tidak berkerumun cegah COVID-19

Baca juga: Pemkab Banjarnegara akan tambah ruang isolasi, antisipasi COVID-19

Baca juga: Pemkab Banjarnegara beri alat pelindung diri untuk tiga rumah sakit


Melalui kunjungan tersebut, kata bupati, pihaknya mengajak para tenaga kesehatan untuk terus bersemangat dan memantapkan niat, tekad serta keberanian dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Bupati mengatakan jajarannya akan terus melakukan pemantauan langsung ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Banjarnegara.

"Kami akan terus melakukan monitoring secara berkala ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di wilayah ini," katanya.

Sebelumnya dia mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk pusat informasi terkait perkembangan kasus COVID-19 melalui satu pintu yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.

Dia juga mengimbau agar masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Kurangi kegiatan di luar rumah apabila tidak perlu dilakukan, terutama bagi para lansia dan balita," katanya.

Selain itu, bupati juga berharap seluruh jajaran Pemkab Banjarnegara termasuk camat, kepala desa hingga tingkat RT untuk senantiasa menyosialisasikan dan mengedukasi terkait COVID-19 kepada masyarakat.*

Baca juga: Kapolres Banjarnegara minta masyarakat waspadai hoaks COVID-19

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020