Kami juga menyampaikan kepada masyarakat yang baru tiba dari daerah terdampak virus COVID-19 untuk segera melaporkan diri ke pemerintah setempat atau ke puskesmas
Minahasa Tenggara (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika, dan Persandian Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara gencar melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona baru (COVID-19).

"Kami menyampaikan kepada masyarakat berkait dengan dengan tujuh anjuran, tujuh hal penting, dan tujuh larangan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Minahasa Tenggara Piether Owu di Ratahan, Rabu.

Dia menuturkan Bupati James Sumendap bersama Wakil Bupati Joke Legi terus mengajak masyarakat agar menaati imbauan yang telah dikeluarkan pemerintah sehingga dapat ikut serta mencegah penyebaran virus tersebut.

"Kami dalam sosialisasi ini menyampaikan kepada masyarakat, sesuai dengan imbauan pemerintah untuk beraktivitas di rumah, baik bekerja atau belajar bagi para siswa. Hindari tempat keramaian dan tetap berdoa dalam lingkup keluarga di rumah," ujarnya.

Baca juga: Presiden apresiasi gerakan sosialisasi "physical distancing"

Pihaknya juga menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat, serta meminta warga untuk mengonsumsi makanan bergizi.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Minahasa Tenggara Silfia Purukan mengatakan pihaknya menurunkan satu mobil dinas untuk menyosialisasikan pencegahan COVID-19.

"Kami secara aktif, baik di tempat umum maupun di kawasan pemukiman masyarakat, menyosialisasikan terkait pencegahan virus COVID-19," katanya.

Pihaknya juga menyampaikan tentang adanya fasilitas yang telah disiapkan pemerintah kabupaten sampai desa/kelurahan, yaitu tempat cuci tangan.

"Kami juga menyampaikan kepada masyarakat yang baru tiba dari daerah terdampak virus COVID-19 untuk segera melaporkan diri ke pemerintah setempat atau ke puskesmas," ujarnya.

Pihaknya akan terus melaksanakan sosialisasi selama masa tanggap bencana nonalam itu.

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 keliling imbau warga tetap di rumah
Baca juga: Pemerintah lakukan sosialisasi lunak ajak masyarakat tetap di rumah

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020