Jangan lupa peregangan otot saat kerja dari rumah di tengah corona

Jangan lupa peregangan otot saat kerja dari rumah di tengah corona

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Duduk di depan layar komputer berjam-jam terutama saat kerja dari rumah di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19 seperti belakangan ini terkadang bisa membuat Anda nyeri otot.

Agar hal ini tak terjadi, ahli psikologi klinis dari Harvard Medical School, Inna Khazan menyarankan Anda melakukan peregangan otot, ditambah berjalan-jalan, bermeditasi sekitar 15-30 menit di sela kerja.

"Sekedar menggerakkan otot-otot Anda. Imobilitas otot sering kita alami saat bekerja di depan komputer, terutama saat pengaturan benda-benda di sekeliling Anda tidak ergonomis," kata dia seperti dilansir Psychology Today.

Ada dua jenis gerakan yang bisa Anda lakukan, yakni sedikit gerakan yang tidak mengharuskan Anda untuk menjauh dari meja Anda. Singkirkan sementara tangan dari keyboard ke pangkuan Anda, lalu gerakkan tubuh bagian atas Anda (lakukan gerakan memutar pada bahu, leher dan pinggang.

Anda juga bisa melakukan gerakan lebih banyak yakni berdiri dan berjalan menjauh dari meja Anda atau tempat kerja sesaat. Anda mungkin bisa tidur siang sekitar 1,5 jam.

"Ini akan membuat otot Anda merasa lebih baik dan memberi Anda sedikit lebih banyak energi dan kemampuan untuk fokus," tutur Inna.


Baca juga: Tissa Biani bagikan tips kegiatan #dirumahaja

Baca juga: Saat wabah corona, jangan berolahraga dalam kondisi begini

Baca juga: Paket dan pakaian bisa sebarkan corona?

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

#DiRumahAja bisa jadi tantangan bagi orangtua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar