Gugus Tugas Jaksel serahkan bantuan 65 penyemprot disinfeksi dan APD

Gugus Tugas Jaksel serahkan bantuan 65 penyemprot disinfeksi dan APD

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Administrasi Jakarta Selatan, Isnawa Adji mengarahkan petugas PPSU untuk mengisi cairan disinfektan ke dalam tabung sprayer di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (26/3/2020) (ANTARA/HO-Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jakarta Selatan)

diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan layanan penyemprotan disinfektan selama wabah Virus Corona COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Administrasi Jakarta Selatan menyerahkan 65 unit penyemprot (sprayer) disinfeksi dan alat pelindung diri (APD) sumbangan dari donatur kepada 65 kelurahan yang ada di wilayah tersebut, Kamis.

Dalam kegiatan penyerahan bantuan di Kantor Wali Kota Jalan Prapanca, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan bantuan 65 unit  sprayer disinfeksi dan APD ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan layanan penyemprotan disinfektan selama wabah Virus Corona COVID-19.

Yang perlu diingat untuk petugas di lapangan tetap utamakan kesehatan kita semua, karena sekarang ini aparat yang diandalkan oleh masyarakat Jakarta Selatan," kata Marullah.

Baca juga: Kejati DKI gelar sidang 'video conference' cegah penyebaran COVID-19

Baca juga: Polsektro Kebayoran Baru cek supermarket cegah 'panic buying'

Baca juga: Warga Jakarta Barat diingatkan tak keluar rumah cegah COVID-19


Alat semprot disinfeksi berserta APD lengkap terdiri atas pakaian pelindung, sarung tangan, helm, kaca mata, dan sanitizer diberikan oleh donatur kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jakarta Selatan, diserahkan kepada pihak kelurahan agar bisa digunakan untuk mengakomodir permintaan disinfeksi dari masyarakat.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Isnawa Adji mengatakan alat tersebut disalurkan ke kelurahan di Jakarta Selatan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya.

"Jadi kepada 65 petugas PPSU kita berikan 1 alat semprot disinfektan, sarung tangan, kacamata safety, cairan disinfektan nantinya mereka akan dilatih PMI Jaksel secara cepat cara aman penggunaan alat semprot, sop penyemprotan, takaran disinfektan dan titik penyemprotan," kata Isnawa.

Isnawa menyebutkan, permintaan disinfeksi oleh masyarakat sangat tinggi kepada PMI dan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Selatan. Sementara, keterbatasan alat dan personel membuat permintaan tersebut belum terakomodir seluruhnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jakarta Selatan juga telah mengerahkan Suku Dinas Lingkungan Hidup dan Pekerja Penanganan Sarana Prasarana Umum (PPSU) untuk membantu penyemprotan di fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah dan pemukiman.

"Harapan kita dengan dibagikan alat ini akan membantu penyemprotan di lingkungan. Saya berterimakasih kepada RT, LMK, FKDM yang berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektan mandiri," kata Wakil Wali Kota Jakarta Selatan itu.

Berdasarkan laman covid19.go.id data COVID-19 terkonfirmasi di DKI Jakarta sebanyak 463 kasus, 23 orang sembuh dan 31 orang meninggal dunia.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cegah krisis ekonomi, Indonesia gelontorkan tambahan Rp405,1 triliun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar