Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas membentuk Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Darurat COVID-19 dan Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah pemilihannya Jawa Timur VII.

Dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, Ibas mengaku prihatin dengan wabah COVID-19 yang sudah terdeteksi di dapil-nya seperti di Magetan, Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, dan Ngawi.

Baca juga: Ibas: perlu tim pengawasan khusus mitigasi COVID-19

Oleh karena itu, anggota Komisi VI DPR RI itu berikhtiar untuk peduli secara konkret membantu masyarakat bersama-sama mencegah penyebaran wabah COVID-19 di Dapil Jatim VII.

Koordinator Satgas EBY David Christian mengatakan kepedulian Ibas diimplementasikan dengan membentuk Satgas anti-COVID-19 dan DBD yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan fogging secara serempak di Magetan, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, dan Ngawi.

Baca juga: F-Demokrat tolak "rapid test" COVID-19 bagi anggota DPR

"Selain penyemprotan cairan disinfektan dan fogging DBD, tim juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga di wilayah-wilayah rawan," kata David Christian.

Menurut dia, masyarakat menyambut positif langkah Ibas tersebut dan berharap pemerintah daerah bisa maksimal dan berkelanjutan melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

David berharap semua pihak terus berupaya maksimal, memperbanyak sosialisasi soal hidup bersih, tegas dan disiplin menjalankan "social distancing" sesuai anjuran pemerintah.

Baca juga: Masyarakat kumpul-kumpul dibubarkan Tim Gugus Cegah COVID19

Ia menjelaskan, Satgas EBY juga turut membantu membagikan masker dan cairan pembersih tangan kepada warga untuk turut mengurangi risiko dampak penyebaran COVID-19.

Di lima kabupaten yang meliputi Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi, tim Satgas EBY melakukan penyemprotan di titik-titik rawan aktivitas masyarakat seperti pasar, terminal bus, bus dan angkot, alun-alun kota, masjid agung, warung makan, kampus, terminal, dan fasilitas publik lainnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020