Lantamal VIII lakukan penyemprotan disiinfektan di KRI Fatahillah-361

Lantamal VIII lakukan penyemprotan disiinfektan di KRI Fatahillah-361

Petugas melakukan pemeriksaan suhu badan personel KRI Fatahillah (FTH)-361 yang baru sandar di Dermaga Samla Bitung, Sulawesi Utara, Kamis (26/3/2020). ANTARA/HO-Dispen Lantamal VIII/aa.

Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan pengecekan kesehatan pada komandan beserta seluruh personel KRI Fatahillah-361 yang baru sandar di Dermaga Samla Bitung, Sulawesi Utara, Kamis.

"Kegiatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 itu dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi pangkalan terhadap KRI yang sedang melaksanakan operasi," kata Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (T) Yusuf Ali.

Baca juga: Lantamal I Belawan semprotkan disinfektan cegah virus Corona

Menurut dia, kegiatan itu dipimpin Asops Danlantamal VIII Kolonel Laut (P) Agustinus Djoko Priyanto selaku Dansatgas Penanganan Wabah COVID-19 Lantamal VIII.

Dalam kegiatan itu Asops Danlantamal didampingi Komandan KRI Fatahillah-361 Letkol Laut (P) Agus Setiawan dan Karumkital dr. Wahyu Slamet Bitung drg I Wayan Tapa Yasa.

Yusuf mengatakan kegiatan itu diawali dengan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh personel KRI Fatahillah-361, melaksanakan cuci tangan dengan sabun, dan pengecekan suhu tubuh.

Baca juga: Satgas COVID-19 semprotkan disinfektan di perumahan TNI-AL

"Selanjutnya para petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh bagian kapal," katanya.

Ia mengatakan selain KRI Fatahillah-361, Diskes Lantamal VIII juga mengadakan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan Mako Lantamal VIII dan sekitarnya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Penyemprotan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara itu dilakukan di kompleks Perumahan TNI AL Kairagi, sepanjang Jalan Yos Sudarso, Jalan Martadinata Kota Manado, dan berakhir di Jembatan Miangas atau rumah dinas Danlantamal VIII.

Baca juga: Pencegahan penyebaran COVID-19 disosialisaskan Lantamal III

Komandan Lantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas mengatakan Lantamal VIII siap mendukung kebijakan pemerintah dan bersinergi dengan pemerintah daerah guna mewujudkan terlaksananya program pemerintah dalam hal mengantisipasi meluasnya wabah virus corona.

Selain itu, di lingkungan Mako Lantamal VIII seluruh warga yang masuk wilayah Lantamal VIII diharuskan melalui tes suhu tubuh di Posko Satgas Pemantauan Dini COVID-19 Dinas Kesehatan Lantamal VIII.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Koarmada II siap amankan alur pelayaran barat Surabaya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar