Saham Australia dibuka naik, ditopang optimisme paket penyelamatan

Saham Australia dibuka naik, ditopang optimisme paket penyelamatan

Seorang investor berdiri di depan papan elektronik yang memperlihatkan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) di Sydney, Australia. ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Jumat pagi, setelah Dow Jones mencatat kenaikan hari ketiga berturut-turut didukung optimisme atas paket penyelamatan ekonomi.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 111,00 poin atau 2,17 persen pada 5.224,30 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 113,90 poin atau 2,22 persen pada 5.949,10 poin.

"Pasar saham global menguat untuk hari ketiga berturut-turut karena Senat AS meloloskan rancangan undang-undang dukungan ekonomi 2,2 triliun dolar AS," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Lonjakan 3,3 juta klaim pengangguran AS dari 281 ribu pekan lalu, memberikan bukti betapa buruknya bantuan yang dibutuhkan," katanya.

Meskipun pemerintah Australia sedang mempertimbangkan tindakan yang lebih keras untuk menahan virus COVID-19, McCarthy mengatakan dorongan global dapat membanjiri faktor-faktor lokal dalam perdagangan hari ini.

Sebagian besar sektor cenderung lebih tinggi, dengan informasi terus memimpin kenaikan sebesar 3,49 persen, diikuti oleh utilitas yang naik 2,08 persen.

Sektor bahan pokok konsumen dan material sebagian besar merosot, keduanya mencatat penurunan lebih dari satu persen.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia lebih tinggi dengan Commonwealth Bank naik 1,39 persen, ANZ naik 2,52 persen, National Australia Bank naik 2,29 persen dan Westpac Bank naik 1,31 persen.

Saham-saham pertambangan bervariasi dengan Rio Tinto naik 1,16 persen, BHP turun 0,59 persen, Fortescue Metals tidak berubah, penambang emas Newcrest turun 0,85 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas terangkat dengan Oil Search naik 9,05 persen dan Santos naik 0,26 persen, dan Woodside Petroleum naik 1,22 persen.

Supermarket terbesar Australia merosot dengan Coles turun 1,21 persen, dan Woolworths turun 0,52 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra naik 1,42 persen, maskapai nasional Qantas menguat 4,00 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,82 persen.

Baca juga: Bursa saham Australia perpanjang keuntungan, semua sektor terangkat
Baca juga: Bursa saham Australia menguat, dipicu stimulus besar-besaran
Baca juga: Bursa saham Australia berakhir menguat untuk hari kedua berturut-turut

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar