Beijing (ANTARA News) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beijing mulai menyusun daftar pemilih tetap (DPT) sementara untuk digunakan dalam pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) yang akan berlangsung 9 Juli 2009.

"Kita mulai susun DPT sementara yang terdiri atas warga negara Indonesia yang berlokasi di wilayah akreditasi PPLN Beijing untuk didaftarkan dalam pemilihan capres dan cawapres," kata Ketua PPLN Beijing Krishna Adi Poetranto di Beijing, Sabtu.

Untuk itu, katanya, PPLN Beijing akan dibantu oleh sejumlah petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) Beijing yang sebelumnya juga telah bekerja untuk penyusunan DPT yang digunakan untuk pemilihan caleg pada 9 April 2009.

Data yang akan digunakan untuk penyusunan DPT sementara pemilihan capres dan cawapres akan tetap mengacu kepada DPT yang telah digunakan dalam DPT pemilihan caleg.

"Namun demikian data yang ada di DPT akan kita seleksi lagi, karena ternyata banyak warga Indonesia yang masuk dalam DPT caleg sudah tidak bermukim di China lagi sehingga kita hapus," katanya.

Menurutnya, DPT yang akan digunakan dalam pemilihan capres dan cawapres, ada yang berasal dari DPT yang sebelumnya telah digunakan dalam pemilihan caleg tapi ada juga yang ditambahkan mengingat cukup banyak warga Indonesia yang datang ke Beijing usai 9 April 2009.

"Dalam pemilihan caleg lalu terdapat cukup banyak warga Indonesia yang hampir seluruhnya mahasiswa mendaftarkan diri ke kita untuk bisa ikut serta dalam pemilihan capres dan cawapres mendatang. Kehadiran mereka tentunya kita akomodir dengan dicatatkan dalam DPT caleg mendatang," ungkap Krihsna.

Dia mengatakan, untuk bisa didaftarkan sebagai DPT adalah warga Indonesia yang menetap atau bertempat tinggal di Beijing atau wilayah akreditasi PPLN Beijing, sementara untuk warga yang hanya datang berlibur ke China tidak bisa dimasukkan dalam DPT.

Untuk itu, tambah Krishna, kepada warga Indonesia yang menetap hingga berlangsungnya pemilihan capres dan cawapres dan ingin ikut dalam pemilu 9 Juli, dihimbau untuk segera mendaftar ke PPLN Beijing untuk bisa dicatatkan dalam DPT.

Jumlah pemilih pada pemilu legislatif di wilayah kerja PPLN Beijing mencapai 3.166 orang, dengan perincian terbesar berada di Beijing sebanyak 1.829 orang, di Shanghai 804 orang, di Tianjin 98 orang dan 435 orang tersebar di sejumlah kota di wilayah China.

PPLN Beijing bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemilu di China, kecuali untuk wilayah Hong Kong dan Makao yang dilakukan oleh PPLN Hong Kong, dan empat wilayah kerja KJRI Guangzhou, yaitu Provinsi Guangdong, Fujian, Hainan, dan Guang Xi yang dilakukan KJRI Guangzhou. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009