Jaksel uji coba semprot disinfektan dengan 'drone'

Jaksel uji coba semprot disinfektan dengan 'drone'

Petugas mengoperasikan 'drone' untuk melakukan penyemprotan disinfektan di jalan protokol di wilayah Jakarta Selatan, Jumat (27/3/2020) (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Hari ini adalah program uji coba di sekitar jalan protokol di Jakarta Selatan
Jakarta (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan uji coba  penyemprotan disinfektan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) di areal trotoar dan fasilitas Jalan Sudirman dan Gatot Subroto, Jumat.

Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan TNI AU, Marsma TNI Basuki Rochmat di Jakarta, Jumat menjelaskan, penyemprotan disinfektan menggunakan 'drone' menyasar wilayah-wilayah yang sulit dijangkau oleh armada mobil Damkar dan Sudin Lingkungan Hidup, seperti daerah tinggi dan pemukiman sempit.

Drone yang digunakan berjenis Agra tipe terbaru, memiliki kapasitas 10 hingga 16 liter cairan disinfektan, diujicobakan TNI Angkatan Udara dan Federas Aero Sport Indonesia (FASI) bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Hari ini adalah program uji coba di sekitar jalan protokol di Jakarta Selatan dengan drone Agras tipe terbaru dari produksi drone," kata Basuki.

Baca juga: Mall Kokas tutup sementara mulai 29 Maret

Menurut Basuki, uji coba penyemprotan disinfektan menggunakan 'drone' itu cukup berhasil, dan bagus, sehinggga komunitas 'drone' di Jakarta bisa meneruskan kegiatan tersebut guna membantu pemerintah dalam penanganan pencegahan COVID-19.

Dengan peran serta semua pihak, lanjut Basuki, diharapkan tidak ada lagi penambahan korban jiwa akibat pademi COVID-19.

"Kalau kita bersama-sama menangani kita akan menang melawan COVID-19," kata Basuki.

Penyemprotan menggunakan 'drone', lanjutnya, dilakukan tergantung permintaan dari Pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Baca juga: Gugus Tugas Jaksel serahkan bantuan 65 penyemprot disinfeksi dan APD

Selain Jakarta Selatan pihaknya juga melakukan penyemprotan di lokasi lain, untuk Sabtu (28/3) di Bunderan HI, Minggu (29/3) di Kota Tua, untuk Minggu siang di Citra Grand.

Lurah Senayan Kurnia Rita mewakili Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dari unsur pemerintahan, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk menekan penyebaran Virus Corona COVID-19 di wilayah Jakarta Selatan.

"Dengan adanya penyemprotan ini dapat meminimalisir serta dapat menghilangkan wabah COVID-19 di Jakarta Selatan khususnya di Kelurahan Senayan ini, dan juga semoga warga dapat kembali beraktivitas lagi seperti semula," kata Kurnia.

Baca juga: Penyemprotan disinfektan secara masif di Jaksel libatkan tiga pilar

Selain menggunakan pesawat tanpa awak, penyemprotan disinfektan di trotoar jalan protokol Jakarta Selatan juga dilakukan oleh petugas dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) menggunakan mobil 'roadsweeper'.

Penyemprotan disinfektan dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19 juga telah dilaksanakan oleh sejumlah pemerintah daerah seperti Pemkot Surabaya, Jawa Timur lebih duluan, disusul oleh Pemkot Pekanbaru, Riau.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Masjid Jami' Al Munawar Pancoran tetap gelar shalat dzuhur berjamaah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar