Kadin serahkan Rp10 miliar ke PMI bantu tangani COVID-19

Kadin serahkan Rp10 miliar ke PMI bantu tangani COVID-19

Penyerahan bantuan senilai Rp10 miliar oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani kepada Ketua PMI Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI Jakarta, Jumat. (Kadin Indonesia)

meski kondisi ekonomi terus melemah dan pengusaha menghadapi permasalahan akibat dampak COVID-19, hal tersebut tidak menjadikan pengusaha tinggal diam.
Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyerahkan bantuan sebesar Rp10 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu menangani penyebaran COVID-19.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani kepada Jusuf Kalla, ketua PMI di Markas Pusat PMI, Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, Yayasan Kemanusian Kadin Indonesia secara bertahap telah menyerahkan bantuan berupa 5.000 unit peralatan uji cepat (rapid test kit), pada Rabu (24/3) melalui Kementerian BUMN.

Baca juga: Erick optimistis Indonesia dapat lawan COVID-19 dengan gotong-royong

"Bantuan yang kami lakukan hari ini hasil donasi dari Apindo, asosiasi dan perusahaan di bawah naungan Kadin yang tergabung dalam inisiatif Pengusaha Peduli NKRI," kata Rosan yang juga Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia di Jakarta, Jumat.

Menurut Rosan, meski kondisi ekonomi terus melemah dan pengusaha menghadapi permasalahan akibat dampak COVID-19, hal tersebut tidak menjadikan pengusaha tinggal diam.

Ia menyampaikan bahwa pandemi ini telah memberikan hikmah tersendiri, yaitu menjadikan Indonesia kembali ke jati dirinya sebagai bangsa yang menjunjung rasa persatuan dan gotong royong.

Rosan mengingatkan untuk semua pengusaha bersatu dan jangan hanya memikirkan kepentingan sendiri atau kepentingan keluarganya saja. Ia berharap agar seluruh pengusaha saling menopang satu sama lain untuk meringankan beban pemerintah.

"Jangan lihat besarnya jumlah yang bisa diberikan, sekarang apa pun yang bisa dilakukan untuk meringankan pemerintah mencegah penyebaran COVID-19, meringankan penderitaan saudara-saudara kita, lakukanlah," kata Rosan.

Baca juga: KADIN dan Tzu Chi dukung Kementerian BUMN perangi COVID-19

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla dalam kesempatan ini mengapresiasi atas bantuan Kadin bagi masyarakat yang disalurkan melalui PMI.

"PMI berterima kasih atas bantuan yang diberikan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Apindo. Bantuan ini akan sangat mendukung upaya PMI dalam membantu masyarakat menghadapi Covid-19," kata Jusuf Kalla atau akrab disapa JK.

JK menjelaskan bahwa dalam penanganan Covid-19 ini, PMI fokus pada upaya mitigasi dan pencegahan dengan gencar melakukan edukasi kesehatan ke masyarakat luas dan melakukan penyemprotan disinfekatan secara besar-besaran di area-area publik seperti rumah ibadah, sekolah, dan perkantoran publik.

Baca juga: Kadin ajak dunia usaha dan masyarakat tetap tenang melawan corona

"Kami juga telah membangun gudang darurat sebagai tempat sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk respon PMI menangani Covid-19," kata Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 tersebut.

pengusaha dan masyarakat ingin membantu bisa menyalurkan lewat Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia dengan nomor 070 00 099 6566 1 di Bank Mandiri kantor cabang Jakarta Plaza Mandiri atau Kadin Indonesia (Yayasan Kemanusiaan) di BCA KCU Kuningan dengan nomor 217 8777 209 (IDR) dan 217 8777 233 (USD).
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kadin sarankan pemerintah talangi THR pekerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar