Bupati Banyumas: Satu PDP yang meninggal dunia positif COVID-19

Bupati Banyumas: Satu PDP yang meninggal dunia positif COVID-19

Bupati Banyumas Achmad Husein. ANTARA/Sumarwoto

meninggal dunia pada tanggal 24 Maret
Purwokerto (ANTARA) - Salah seorang pasien dalam pemantauan (PDP) yang meninggal dunia di RSUD Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto pada tanggal 24 Maret 2020 dinyatakan positif COVID-19, kata Bupati Banyumas Achmad Husein.

"Hari ini, kami telah menerima konfirmasi hasil pemeriksaan swab terhadap PDP asal Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, yang meninggal dunia pada tanggal 24 Maret. Hasil tes positif COVID-19," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Berdasarkan data, PDP berjenis kelamin perempuan tersebut diketahui masuk RSMS Purwokerto pada tanggal 20 Maret 2020, pukul 20.30 WIB, setelah dirujuk oleh salah satu rumah sakit di Banyumas.

Baca juga: Banyumas siapkan pemakaman khusus bagi PDP COVID-19 yang meninggal
Baca juga: Pemkab Banyumas sisir riwayat perjalanan pasien positif COVID-19
Baca juga: Penginapan di Purwokerto sediakan tempat istirahat bagi tenaga medis


Perempuan berusia 53 tahun tersebut diketahui baru pulang dari Solo untuk mengantar suaminya berobat di salah satu rumah sakit pada tanggal 7-8 Maret 2020.

Selanjutnya, perempuan tersebut pada tanggal 8 Maret 2020 mengeluhkan sesak napas sehingga sempat menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit Purwokerto dan pulang tanggal 11 Maret 2020.

Akan tetapi pada tanggal 12-15 Maret, perempuan tersebut kembali menjalani rawat inap di rumah sakit tersebut dengan keluhan demam dan selanjutnya masuk ke rumah sakit lainnya di Kabupaten Banyumas sejak tanggal 15 Maret dan selanjutnya dirujuk ke RSMS Purwokerto pada tanggal 20 Maret 2020 hingga akhirnya meninggal dunia pada tanggal 24 Maret, pukul 05.40 WIB.

Baca juga: KAI: 32 perjalanan KA lintas selatan Jawa dihentikan demi cegah Corona
Baca juga: Mapolresta Banyumas disemprot disinfektan cegah penyebaran COVID-19
Baca juga: Satlantas Polresta Banyumas laksanakan Protokol Kesehatan COVID-19


Lebih lanjut, Bupati mengatakan dengan adanya konfirmasi tersebut, total PDP positif COVID-19 di Kabupaten Banyumas hingga saat ini sebanyak empat orang termasuk yang meninggal dunia.

"Satu orang dirawat di RSMS Purwokerto dan kondisinya makin membaik, dua pasien lainnya berada di karantina, tempat khusus, kondisinya membaik," katanya. 

Baca juga: Negatif corona, RSMS Purwokerto pulangkan 3 PDP
Baca juga: RSMS Purwokerto tangani 5 PDP dan 2 ODP
Baca juga: Direktur RSMS Purwokerto imbau masyarakat tidak panik terhadap corona

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ini pesan Bupati Morotai bagi pasien positif COVID-19 yang jalani isolasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar