Saya mendorong pemerintah melakukan penutupan pergerakan manusia dari dan menuju Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dorong pemerintah segera menetapkan langkah penutupan pergerakan manusia dari dan menuju Ibu Kota, DKI Jakarta karena angka pasien positif COVID-19 terus meningkat di wilayah tersebut.

"Saya mendorong pemerintah melakukan penutupan pergerakan manusia dari dan menuju Jakarta," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia juga meminta pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan COVID-19 untuk menyiapkan petugas di setiap pelabuhan maupun bandara dan memperketat pengawasan untuk memeriksa arus masuk dan keluar Jakarta.

Baca juga: MPR sesalkan stigma negatif kepada tenaga medis

Langkah itu menurut dia sebagai upaya pemerintah menghentikan penyebaran wabah ke daerah lainnya.

"Mendorong pemerintah segera menginformasikan kepada masyarakat terkait mitigasi risiko jika kasus infeksi terus mengalami lonjakan, agar tidak menimbulkan kepanikan ataupun keresahan di masyarakat," ujarnya.

Dia mengatakan Indonesia berisiko memasuki gelombang infeksi lanjutan di luar Jakarta, mengingat selama tiga hari terakhir, jumlah kasus baru COVID-19 yang dilaporkan pemerintah selalu diatas 100 orang per-hari.

Politisi Partai Golkar itu menyarankan agar pemeriksaan cepat atau rapid test bisa langsung dilakukan di daerah-daerah yang sudah memiliki alat tes sehingga kasus-kasus baru dapat segera ditemukan atau diidentifikasi.

"Saya juga meminta pemerintah segera merealisasikan uji kesehatan melalui sistem drive thru yang sudah efektif digunakan negara lain untuk melacak dan mendeteksi penyebaran COVID-19 secara cepat dan aman," tuturnya.

Baca juga: MPR: Pemerintah tidak boleh dibiarkan sendirian tangani COVID-19

Bamsoet juga meminta pemerintah menggalakkan imbauan untuk menjaga jarak interaksi sosial atau social distancing dan physical distancing, tetap berada di rumah, serta terus berusaha menahan lonjakan jumlah pasien baru dengan berbagai upaya pencegahan.

Data pemerintah per-hari Jumat (27/3) jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia telah mencapai 1.046 kasus, 87 orang meninggal, dan 46 orang dinyatakan sembuh.

Baca juga: MPR: dukung "rapid test" COVID-19 dilakukan secara massal dan merata

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020