Dinkes: Pasien positif COVID-19 di Bantul bertambah jadi empat orang

Dinkes: Pasien positif COVID-19 di Bantul bertambah jadi empat orang

Ruang isolasi untuk pasien COVID-19 di sebuah rumah sakit di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (FOTO ANTARA/dok)

Kami laporkan kasus COVID-19 di Bantul per tanggal 27 Maret pukul 15.30 WIB adalah pasien yang sedang rawat inap atau PDP (pasien dalam pengawasan) ada 26 orang, dengan konfirmasi positif empat orang
Bantul (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi positif terinfeksi corona virus disease 2019 atau COVID-19 yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) per 27 Maret 2020 berjumlah empat orang, atau bertambah satu orang dibandingkan hari sebelumnya tercatat tiga orang.

"Kami laporkan kasus COVID-19 di Bantul per tanggal 27 Maret pukul 15.30 WIB adalah pasien yang sedang rawat inap atau PDP (pasien dalam pengawasan) ada 26 orang, dengan konfirmasi positif empat orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bantul dr Sri Wahyu Joko Santosa dalam perrnyataan yang disampaikan di Bantul, Jumat.

Sebelumnya pada Kamis (26/3), Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bantul melaporkan ada sebanyak 26 orang PDP yang dirawat di rumah sakit wilayah Bantul, tiga orang dia ntaranya terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona jenis baru tersebut.

Tiga pasien lama terkonfirmasi positif tersebut dua orang dirawat di Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul, kemudian seorang lagi dirawat di Rumah Sakit Panti Rapih, sedangkan satu positif baru dilaporkan oleh Rumah Sakit Paru (RSP) Respira Yogyakarta yang ada di Bantul.

"Satu pasien positif baru ini ditemukan oleh RSP Respira. Kronologi riwayat penularan lengkapnya belum bisa saya sampaikan karena laporan yang masuk ke kami baru hasil laboratoriumnya," katanya.

Sri Wahyu Joko Santosa yang juga Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bantul ini mengharapkan laporan lengkap terhadap pasien positif keempat di Bantul ini dapat disampaikan pada Sabtu (28/3).

"Insya Allah besok (28/3) sudah ada laporan lengkap. Laporan ada di RSP Respira, karena Respira bukan rumah sakit rujukan sudah kami minta untuk dirujuk. Belum ada info lanjut. Dengan kondisi seperti sekarang mungkin masih mencari," katanya.

Terkait jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Bantul, pihaknya masih mengumpulkan data lengkapnya, akan tetapi hingga 27 Maret pukul 12.00 WIB dilaporkan secara akumulasi berjumlah 263 orang, tiga orang di antaranya menjalani rawat inap di rumah sakit, demikian Sri Wahyu Joko Santosa.

Baca juga: Dinkes: Pejabat di Bantul yang kontak dengan positif COVID-19 sehat

Baca juga: Pemkab Bantul instruksikan pemantauan pendatang cegah COVID-19

Baca juga: Objek wisata di Bantul ditutup hingga 31 Maret, cegah penularan Corona

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kasus positif COVID-19 bertambah signifikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar