Rejang Lebong siapkan dua tempat isolasi pasien COVID-19

Rejang Lebong siapkan dua tempat isolasi pasien COVID-19

Rapat terbatas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan FKPD se Provinsi Bengkulu di rumah dinas Bupati Rejang Lebong guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. (ANTARA/Nur Muhamad)

Rejang Lebong (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyiapkan dua tempat untuk mengisolasi kemungkinan adanya pasien yang tertular virus corona baru atau COVID-19 di wilayah itu.

Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi dalam rapat terbatas FKPD dengan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di rumah dinas bupati Rejang Lebong, Jumat, mengatakan dua lokasi yang disiapkan ini ialah Rumah Sakit Jalur Dua dan RS PMI di Desa Dataran Tapus, Kecamatan Bermani Ulu Raya.

"Ada dua tempat yang kita siapkan yakni di RSUD Jalur Dua serta Rumah Sakit Palang Merah Indonesia yang berada di depan Sport Center Desa Dataran Tapus," ujar dia.

Baca juga: Kodim 0305 Pasaman bagikan makanan tambahan tingkatkan imunitas warga

Selain menyiapkan ruang isolasi pihaknya juga telah menyiapkan tenaga medis berikut peralatan pendukung untuk menangani pasien yang terpapar virus mematikan tersebut.

Sedangkan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di Rejang Lebong kata dia, juga sudah mereka lakukan dengan kegiatan penyemprotan disinfektan massal bekerjasama dengan Forum Jurnalis Rejang Lebong (FJRL) di sejumlah fasilitas umum dan sejumlah pusat keramaian, maupun penyemprotan yang dilakukan petugas TNI/Polri maupun kelompok masyarakat lainnya serta memperketat pengawasan di perbatasan dengan Provinsi Sumsel.

Sejauh ini kebutuhan untuk antisipasi penyebaran virus corona di Rejang Lebong ujar dia, ialah kebutuhan masker yang akan diutamakan bagi petugas medis, serta alat pelindung diri (APD).

Baca juga: Akad nikah di Belitung dimbau gunakan masker dan sarung tangan

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam kesempatan itu memuji kesiapaan Kabupaten Rejang Lebong dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan menilai Kabupaten Rejang Lebong merupakan daerah yang paling siap.

"Saya mengapresiasi kesiapsiagaan Kabupaten Rejang Lebong dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 ini. Jika dibandingkan dengan sembilan kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu, kita nilai Kabupaten Rejang Lebong yang paling siap," terangnya.

Dalam rapat terbatas yang dihadiri Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman, perwira dari Korem 041 Garuda Mas Bengkulu, Bupati Rejang Lebong, Bupati Kepahiang kemudian pejabat TNI dan Polri itu juga menyerahkan bantuan untuk Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang berupa masker, kemudian APD serta alat penguji atau rapid test yang dikhususkan untuk petugas medis dari pemerintah pusat.***3***

Baca juga: LPB-Muhammadiyah semprotkan disinfektan tempat ibadah umat Kristiani
Baca juga: Wali Kota Mataram umumkan kematian PDP COVID-19
Baca juga: Forkopimda Jatim tinjau "physical distancing" di perumahan Surabaya

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kepala Bappenas sebut penerapan tatanan kehidupan baru tidaklah rumit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar