Teh herbal sampai olah vokal, jurus Muhammad Khan cegah corona

Teh herbal sampai olah vokal, jurus Muhammad Khan cegah corona

Muhammad Khan (instagram/muhammad.khan_)

Jakarta (ANTARA) - Tambahan waktu luang saat berdiam diri di rumah di tengah wabah virus corona tak mau disia-siakan oleh Aktor Terbaik di Festival Film Indonesia 2019 Muhammad Khan, yang memanfaatkannya dengan belajar vokal hingga menikmati ramuan teh herbal.

"Aku mulai membuat goal kecil yang selama ini kita tidak bisa lakukan karena sibuk di luar," kata Muhammad Khan saat dihubungi ANTARA, Jumat (27/3).

Kini dia punya waktu untuk menonton film-film yang tak sempat disaksikan karena aktivitas yang padat. Khan juga bisa leluasa membaca buku hingga belajar resep-resep masakan baru selama di rumah.

Pada pekan awal karantina mandiri, dia sempat menjalani puasa untuk memperbaiki metabolisme, sistem pencernaan dan detoksifikasi tubuh.

Setelah masa puasa usai, aktor "Kucumbu Tubuh Indahku" ini mengawali hari dengan membuat teh herbal, ramuan yang diracik dari jahe, kencur, kunyit, sereh dan daun mint. Lalu ia menyantap buah-buahan bergizi, seperti apel, nanas, pepaya atau pisang.

"Kalau sudah mulai turun, sudah mulai enakan, sudah enggak terlalu kenyang, aku mulai latihan olah vokal," tutur Khan.

Baca juga: Shah Rukh Khan tanggapi pidato kemenangan Muhammad Khan di FFI 2019

Baca juga: Cara Muhammad Khan hidupkan jiwa feminim


Siapa pengajar olah vokalnya? Penggemar aktor India Shahrukh Khan ini memanfaatkan teknologi untuk mengasah kemampuan di tengah pembatasan sosial.

"Aku ada subscribe pelatih vokal dari New York di YouTube," katanya.

Latihan olah vokal dapat berlangsung hingga berjam-jam ketika petang menjelang. Setelah itu, Khan melatih kebugaran dengan melakukan olah tubuh. Latihan seperti push up hingga sit up ia jalani agar badan tetap fit.

Pada malam hari, dia mencari hiburan dengan menonton video-video dokumenter di YouTube.

"Atau hal yang sifatnya bisa mengembangkan ilmu pengetahuan, biar hari-harinya itu enggak sia-sia," jelas dia.

Pandemi membuat aktivitas di industri film terhenti. Bioskop sementara tidak beroperasi dan syuting pun ditunda. Tapi Khan melihatnya dari sudut pandang berbeda. Ia berpikir positif dengan mencari hikmah di balik apa yang terjadi.

Dia bersyukur bisa menjalani keseharian dalam kondisi tubuh sehat, hidup nyaman di rumah, tak kekurangan makanan, bahkan bisa tetap berlatih. Sebab, tak semua orang punya hak istimewa seperti itu.

"Bersyukur dan fokus pada hal-hal yang kita punya, bukan fokus pada hal-hal yang tak kita punyai," tutur Khan mengenai jurus menangkal pikiran negatif.

Baca juga: Sosok "nekat" Muhammad Khan di mata Rianto sang Penari Lanang

Baca juga: Muhammad Khan dedikasikan Piala Citra Aktor Terbaik buat Shahrukh Khan


Baca juga: Pandemi corona, Kamidia Radisti ekstra ketat pada masalah kesehatan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jelang PSBB berakhir, Anies tinjau puskesmas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar