Jakarta (ANTARA) - Selagi bekerja dari rumah, work from home, menjaga kebersihan dan keamanan perangkat komputer yang digunakan untuk bekerja juga sebaiknya dilakukan demi menjaga kesehatan diri.

Produsen komputer HP membagikan tips untuk membersihkan komputer yang bisa dilakukan sendiri di rumah selama anjuran beraktivitas di dalam rumah demi mencegah penyebaran virus corona.

"Kami menyarankan untuk selalu merujuk pada manual penggunaan perangkat," kata HP dalam keterangan pers, dikutip Sabtu.

Baca juga: Jangan lupa peregangan otot saat kerja dari rumah di tengah corona

Baca juga: "Work from Home", berikut beberapa tips untuk keamanan siber


1. Gunakan disinfektan yang disarankan lembaga kesehatan, yaitu larutan yang menggunakan 70 persen isopropil alkohol dan 30 persen air.

2. Gunakan kain microfiber untuk membersihkan perangkat, sarung tangan sekali pakai ketika membersihkan dan mensterilkan permukaan perangkat.

3. Matikan perangkat dan daya listrik dan perlengkapan eksternal lainnya. Untuk printer, steker harus dilepas dari stop kontak. Jangan bersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau terhubung ke stop kontak.

4. Usap perlahan kain yang diberi larutan ke permukaan perangkat. Usahakan jangan ada cairan yang menetes ke keyboard, panel display atau port USB.

5. Saat membersihkan layar atau panel kontrol printer, usapkan kain ke satu arah, dari bagian atas ke bawah.

6. Pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering jika ingin menyalakan komputer. Jangan nyalakan jika masih lembap atau masih ada cairan.

7. Buang sarung tangan dan segera cuci tangan dengan sabun setelah selesai membersihkan komputer.

Baca juga: Cara bersihkan laptop untuk cegah virus

Baca juga: Tips bersihkan ponsel dari kuman dan virus

Baca juga: Tips WFH untuk para orang tua dengan balita

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020