Masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir
Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, mengeluarkan peringatan dini waspada terhadap potensi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang dapat terjadi di beberapa wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Prakirawan BMKG Sultra, Faizal Habibie menjelaskan beberapa wilayah tersebut diantaranya Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Timur, Kolaka, Kolaka Utara dan Bombana.

"Itu berdasarkan prakiraan cuaca pada hari ini (28/3). Kondisi tersebut berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari," kata Faizal, di Kendari, Sabtu.

Sementara potensi hujan sedang, lanjut Faizal, berpotensi terjadi di wilayah Konawe, Konawe Utara, dan Konawe Selatan. Hujan Lokal, lanjut dia, berpotensi terjadi di wilayah Kendari, Muna, Muna Barat, Buton dan Buton Utara.
Cuaca di wilayah Sultra berdasarkan pantauan BMKG Kendari pada 28 Maret 2020. Hasil pantauan menunjukkan potensi terjadi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang dapat terjadi di wilayah itu. (ANTARA/HO-Humas BMKG Kendari) (ANTARA/HO-Humas BMKG Kendari)


Ia juga menyampaikan suhu udara mencapai 24-33 derajat celcius, dengan kelembaban udara 65-95 persen dan angin bertiup dari Timur Laut menuju Tenggara dengan kecepatan 2-20 kilometer per jam.

Faizal juga menjelaskan bahwa BMKG Kendari juga telah mengeluarkan peringatan dini potensi terjadi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang dapat terjadi pada Minggu (29/3) besok, di wilayah Konawe, Konawe Utara, Kolaka Timur dan Konawe Selatan pada siang hingga sore hari.

Sehingga ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Baca juga: Nelayan di Sultra diimbau BMKG waspadai cuaca ekstrem sebelum melaut
Baca juga: BMKG Sultra keluarkan peringatan dini waspada cuaca ekstrem

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020