Bilik ini bertujuan untuk melindungi Mapolda Sumbar dari penyebaran COVID-19
Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan bilik disinfektan di depan pos penjagaan Mapolda Sumbar untuk mengantisipasi penularan COVID-19

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabidokkes) Polda Sumbar Kombes Sucipto, di Padang, Sabtu, mengatakan pengoperasian bilik ini mulai dilakukan Jumat (27/3) , sehingga pelayanan tetap dapat diberikan kepada masyarakat.

"Bilik ini bertujuan untuk melindungi Mapolda Sumbar dari penyebaran COVID-19 dan setiap orang yang berkunjung harus melalui bilik tersebut,” kata dia.
Baca juga: NTT minta pengelola hotel siapkan bilik disinfektan, cegah COVID-19

Ia mengatakan bilik itu berisikan cairan disinfektan yang disemprotkan kepada orang yang masuk ke Mapolda Sumbar.

“Cairan disinfektan yang ada merupakan bantuan dari BNPB, bertujuan agar virus tidak masuk ke Mapolda Sumbar,” kata dia.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, setiap orang yang masuk Mapolda Sumbar harus memasuki bilik tersebut.

Dia mengatakan mulai dari pejabat, anggota kepolisian hingga pengunjung wajib masuk ke bilik tersebut untuk memastikan tubuh mereka bebas virus.
Baca juga: Dosen UGM berkolaborasi membuat bilik disinfektan cegah COVID-19

Setelah melalui pintu tersebut, petugas piket penjagaan akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan apabila suhu tubuh normal akan diperbolehkan masuk.

“Jika suhu tubuh tinggi tentu tidak diperbolehkan masuk. Ini langkah kita mencegah penyebaran virus COVID-19,” kata dia lagi.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020