Shanghai (ANTARA) - Kasus penularan lokal COVID-19 nihil ditemukan di China pada Jumat (27/3), sementara ada sedikit kasus baru ditemukan, tetapi sebagian besar berasal dari penularan luar negeri, kata pemerintah setempat, Sabtu.

Mulai Sabtu, China sementara melarang warga negara asing dengan visa dan izin tinggal yang masih berlaku masuk kembali ke negara itu.

Kebijakan baru itu dibuat setelah pemerintah di Beijing khawatir terhadap risiko penularan virus dari luar. Pasalnya, Pemerintah China telah mengendalikan penularan virus di dalam negeri lewat kebijakan karantina dan penutupan perbatasan.

Beijing turut meminta maskapai mengurangi jadwal penerbangan internasional mulai Minggu (29/3).

Sebuah kolom tanggapan pada koran People's Daily, media milik Partai Komunis China, pada Sabtu menunjukkan kekhawatiran warga terhadap risiko penularan COVID-19 dari luar negeri.

"Saat ini, kita harus waspada dan hati-hati dan jangan terlalu santai menikmati masa setelah epidemi, karena itu dapat menggagalkan seluruh pencapaian kita," demikian isi tanggapan tersebut.

Baca juga: China laporkan kenaikan kasus corona, semuanya dari luar negeri

Komisi Kesehatan Nasional China pada Sabtu melaporkan 54 kasus baru ditemukan di wilayah daratan, Jumat, dan seluruhnya berasal dari luar negeri (kasus impor). Ada sekitar 55 kasus baru pada hari sebelumnya (26/3), satu di antaranya merupakan penularan lokal.

Jumlah pasien COVID-19 di China daratan pun mencapai 81.394 jiwa dengan total korban jiwa sebanyak 3.295 orang, terang komisi itu.

Sementara itu, otoritas di Provinsi Hubei, China, melaporkan tidak ada kasus baru, dan tiga pasien COVID-19 meninggal dunia. Hubei, yang menjadi pusat wabah, melaporkan 67.801 pasien positif COVID dan 3.117 korban meninggal dunia.

Saat ini, ada sekitar 60 juta jiwa yang tinggal di Hubei.

Presiden China Xi Jinping pada Jumat (27/3) berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan mengatakan China bersedia membantu AS menanggulangi penyebaran virus.

Jumlah kasus positif COVID-19 di AS pada Jumat bertambah sampai 16.000 jiwa sehingga total pasien hampir mencapai 102.000, angka tertinggi dibandingkan dengan negara-negara lain.

Sumber: Reuters

Baca juga: Macron minta Italia waspada soal bantuan corona dari China, Rusia

Baca juga: Lampaui China, kasus COVID-19 di AS capai 85.653



 

Menteri BUMN terima bantuan alkes dari China

Penerjemah: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020